5 Pengobatan Alami Ini Diyakini Bisa Mengatasi Sembelit

Mengatasi sembelit secara alami
Mengatasi sembelit secara alami. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Masalah pencernaan seperti perut kembung, diare, tukak lambung, wasir, dan sembelit dapat menyerang siapa saja. Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan yang membuat seseorang kesulitan buang air besar.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti jarang minum air putih dan kurangnya konsumsi makanan berserat. Untuk mengatasi sembelit, ada beberapa pengobatan alami yang bisa Anda coba. Berikut penjelasannya:

  1. Bit
Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Dapat Penghargaan Peduli Jurnalis dari PWI Jabar

Minum jus bit atau mengonsumsi bit rebus dapat meredakan sembelit dengan cepat. Bit kaya akan serat yang penting untuk melancarkan pergerakan sisa pencernaan melalui usus. Selain itu, buah bit juga memiliki khasiat lain yang menjadikannya makanan super untuk kesehatan usus besar.

  1. Minyak Zaitun
Baca Juga:  Enam Jenis Buah dan Makanan untuk Melancarkan Buang Air Besar

Minyak zaitun adalah pengobatan alami yang efektif untuk meredakan sembelit. Minyak zaitun merangsang sistem pencernaan dan membantu memindahkan limbah melalui usus besar. Anda dapat minum satu sendok makan minyak zaitun di pagi hari dengan perut kosong. Jika Anda suka, tambahkan sedikit jus lemon.

Baca Juga:  15 Titik Terpantau dengan Polusi Udara Cukup Tinggi, Satu Lokasi Berada di Bandung