Enam Jenis Buah dan Makanan untuk Melancarkan Buang Air Besar

Apel
Kandungan buah apel diyakini bisa menurunkan berat badan. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Mungkin kita sering mendengar bahwa serat dan hidrasi penting dalam menjaga sistem pencernaan yang sehat. Namun, ada juga makanan khusus yang bisa kita tambahkan ke dalam menu harian untuk membantu proses buang air besar.

Sembelit adalah masalah umum yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perubahan hormon selama kehamilan, efek samping obat-obatan, atau proses alami penuaan. Berikut adalah enam jenis makanan yang dapat membantu melancarkan buang air besar:

  1. Kulit Kiwi
Baca Juga:  Kemensos: Perlu Persamaan Persepsi Pelayanan Penyandang Disabilitas

Kulit kiwi bukan hanya dapat dimakan, tetapi juga kaya akan serat alami. Mencoba menyimpan kulit kiwi dan memakannya dapat membantu mempercepat pergerakan tinja melalui saluran pencernaan.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Capricorn, Cinta dan Romansa Pasti ada Dalam Agenda Hari Ini

Kiwi mengandung serat dan antioksidan yang dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap lancar. Menambahkan sepotong kiwi ke smoothie atau memakannya seperti apel adalah cara sederhana untuk menikmati manfaatnya.

  1. Kacang-kacangan
Baca Juga:  Apa Benar Dengan Konsumsi Apel Kita Bisa Panjang Umur?

Kacang-kacangan adalah sumber serat dan magnesium, dua nutrisi penting yang membantu melancarkan buang air besar.

Kacang-kacangan mengandung serat larut dan tidak larut, yang membantu memperlambat pencernaan untuk penyerapan nutrisi yang lebih baik, serta menambah volume tinja untuk mencegah sembelit.