6 Cara Kembangkan Kecerdasan Pada Anak

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam membangun kecerdasan anak, peran orangtua adalah hal yang paling penting. Mengembangkan kecerdasan anak tak harus mengikutkan anak pada les-les tertentu, akan tetapi hanya  dengan interaksi sehari-hari anda dapat menstimulasi anak agar mereka dapat tumbuh lebih cerdas.

Selain kecerdasan intelektual dan spiritual, ada beberapa aspek lainnya yaitu kreativitas dan juga emosional. Umumnya, para orangtua menomorsatukan kecerdasan intelektual dan sedikit mengesampingkan kecerdasan emosional. Namun perlu anda ketahui, mengembangkan kecerdasan emosional adalah hal yang sangat penting dalam membentuk kepribadian seseorang. Dengan memiliki kepribadian baik, maka seseorang akan memiliki etika yang baik pula.

Baca Juga:  Vaksinasi Jadi Syarat Berbagai Kepentingan, Gerakan Solidaritas Anti-Vaksin pun Muncul

Oleh karena itu, simaklah beberapa cara untuk mengembangkan kecerdasan anak, diantaranya:

1. Mengetahui minat dan ketertarikan anak

Mengenali minat anak yang besar pada satu bidang sangat membantu untuk mengenali potensinya. Misalnya, anak suka membaca buku, berolahraga, bermain musik atau memasak. Dengan mengetahui minat anak, maka akan lebih mudah bagi anda untuk dapat mengajari berbagai hal pada anak melalui hal-hal yang menjadi minat atau kesukaannya tersebut, sehingga kegiatan belajar pun akan menjadi lebih menyenangkan.

2. Mendorong anak agar bertanya

Dalam setiap kesempatan, dorong anak untuk bertanya. Rasa ingin tahunya yang besar merupakan modal untuk mengajarinya berbagai pengetahuan baru.

Baca Juga:  Berikut Profil Harry Styles Dan Hubungan Asmaranya

3. Mengajari anak untuk menemukan jawaban

Setelah anak bertanya, maka akan lahir rasa ingin tahu yang besar pada anak. Sebaiknya jangan langsung memberikan jawaban, akan tetapi ajaklah anak untuk mencari jawabannya bersama-sama, misalnya dengan membuka buku atau cara lain sehingga imajinasi anak akan menjadi lebih terbangun.

4. Bangun rasa ingin tahu atas jawaban yang diberikan

Jangan bosan untuk menjawab segala pertanyaan dari anak ketika anak bertanya terus-menerus. Satu informasi baru yang diterimanya akan saling terkait sama lain, sehingga anak akan membangun kesimpulan sendiri.

5. Lakukan permainan yang dapat memecahkan masalah 

Banyak permainan yang bisa membantu anak mengembangkan kemampuannya untuk memecahkan masalah, misalnya bermain membuat bentuk dari lego, membuat kata, dan sebagainya.

Baca Juga:  Demiz Komitmen Dorong Percepat Ekonomi Jabar Selatan

6. Mendorong anak untuk menyukai hal-hal baru

Walaupun anak mempunyai minat pada bidang musik, namun anda perlu mengenalkannya pada kegiatan olahraga. Hal tersebut bertujuan agar anak dapat mengenal hal-hal baru sehingga wawasannya akan terus bertambah luas.

Itulah tadi beberapa cara untuk mengembangkan kecerdasan anak yang mungkin dapat anda coba mulai sekarang. Semoga info diatas dapat bermanfat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari panduanibu.com.

Jabarnews | Berita Jawa Barat