7 Tahun AMSI, Bangun Ekosistem Media Digital yang Sehat dan Berkualitas

Flyer 7 Tahun AMSI
Flyer 7 Tahun AMSI

Selain itu, AMSI juga menyelenggarakan AMSI Award untuk memberikan penghargaan kepada media digital dengan pencapaian bisnis dan konten yang inspiratif.

Semua pelajaran bisnis penting itu sudah dirangkum menjadi modul pelatihan yang kini bisa diakses secara digital di platform e-learning AMSI https://elearning.amsi.or.id/

Untuk menyehatkan ekosistem bisnis media digital, AMSI juga sudah memiliki aggregator https://amsinews.id/ yang menjadi etalase konten semua media anggota, juga agency iklan programmatic IDIA https://amsi.or.id/agensi-amsi/

Baca Juga:  Usai Santap Nasi Uduk, Dua Warga Sukabumi Meninggal Dunia

Selain itu, AMSI juga meluncurkan standar indikator berita terpercaya https://amsi.or.id/trust-worthy-news/ yang diadopsi makin banyak media di tanah air. Tak ketinggalan inisiatif cekfakta AMSI bersama AJI dan Mafindo di https://cekfakta.com/ yang berkontribusi besar pada gerakan anti hoaks sejak 2018 silam.

Baca Juga:  Berikut Sejarah Sembilan Walisongo, Sebagai Penyebar Agama Islam

Namun tentu kondisi masih jauh dari ideal. Pada 2024 ini, AMSI masih dihadapkan pada ekosistem bisnis media digital yang penuh tantangan, setidaknya di tiga area. Satu, sumber pendapatan untuk media semakin terbatas karena jumlah media online terus bertambah sementara belum ada standar yang disepakati di industri soal klasifikasi media dan standar layanan. Dua, teknologi digital terus berkembang, bahkan kini sudah masuk era artificial intelligent (AI), sementara banyak media belum punya kapasitas untuk mengadopsi dan memonetisasinya. Tiga, reach dan engagement media terus tergerus karena konten jurnalistik berkualitas makin terdilusi di berbagai platform digital, terutama media sosial.

Baca Juga:  Soal Pembuatan Media Online untuk Kepentingan Pribadi, DPRD Jabar: Jangan Sampai Pilar demokrasi Tercoreng