Asam Urat Tinggi Bisa Menyerang Usia Muda, Kenali Ini Penyebabnya

Ilustrasi asam urat bisa menyerang usia muda
Ilustrasi asam urat bisa menyerang usia muda. (foto: istimewa)

Pola makan

Pola makan yang tinggi purin pada individu usia muda dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat. Contoh makanan yang tinggi purin meliputi makanan laut seperti kerang, udang, dan ikan teri, daging merah, jeroan, minuman manis, minuman beralkohol, serta susu tinggi lemak.

Obesitas

Seseorang dengan kelebihan berat badan atau mengalami obesitas berisiko lebih tinggi mengalami peningkatan kadar asam urat dan mengalami serangan gout. Hal ini terjadi karena tubuh menghasilkan lebih banyak asam urat dan ginjal mengalami kesulitan dalam mengaturnya.

Baca Juga:  Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga dan Cara Melakukannya dengan Tepat

Kondisi medis

Beberapa kondisi medis tertentu dapat meningkatkan risiko asam urat pada usia muda. Kondisi tersebut termasuk tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol, serta kondisi kronis seperti diabetes, sindrom metabolik, penyakit jantung, dan penyakit ginjal.

Baca Juga:  Anggota Linmas Diberikan Arahan oleh Satgas TMMD

Perlu diingat bahwa penanganan dan pencegahan asam urat pada usia muda sangat penting. Mengadopsi pola makan sehat, menjaga berat badan yang sesuai, menghindari minuman beralkohol, serta mengelola kondisi medis yang mungkin ada dapat membantu mengurangi risiko asam urat tinggi dan masalah kesehatan terkaitnya.

Baca Juga:  Asam Urat Sering Kambuh? Begini Cara Sederhana Mengatasinya

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kadar asam urat atau gejala yang mencurigakan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan nasihat medis yang tepat.