Penyakit Jantung Bisa Menyerang Usia Muda, Ini Kebiasaan Buruk Penyebabnya

Ilustrasi penyakit jantung. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Pada umumnya penyakit jantung menyerang mereka yang sudah berusia tua. Namun tak jarang penyakit jantung juga menyerang mereka yang berusia muda.

Sejumlah kebiasaan buruk ini disebut sebagai salah satu penyebab penyakit mematikan itu menyerang mereka yang berusia muda.

Diketahui, penyakit jantung umumnya dapat disebabkan oleh masalah kesehatan yang berkaitan dengan sindrom metabolik. Masalah yang terkait dengan sindrom metabolik sebagian besar berkaitan dengan gaya hidup.

Baca Juga:  Samsung Galaxy Ini Bakal Dapat Pembaruan Android 10, Mana Saja?

Inilah beberapa faktor risiko penyakit jantung yang dapat dikendalikan sejak dini, dan umumnya banyak dilakukan oleh kalangan anak muda.

  1. Mengonsumsi Minuman Berenergi

Orang dengan obesitas cenderung memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes. Faktor tersebut semuanya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga:  Kapolres Sukabumi Jamin Keamanan Wartawan saat Peliputan

Obesitas sentral terjadi pada remaja ketika memiliki lingkar pinggang lebih dari 94 cm pada pria dan 80 cm pada wanita. Orang dengan memiliki lingkar pinggang tersebut memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami resistensi insulin.

Studi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa minuman energi dan minuman ringan menyumbah sekitar 13 persen dari asupan kalori remaja. Hal itu dapat menyebabkan seseorang mengalami obesitas.

Baca Juga:  Viral! Terjadi Kerumunan di The Jungle Bogor, Apa Kata Pemerintah?

Minuman berenergi tidak hanya tinggi kafein, tetapi juga tinggi gula yang dapat memberikan dorongan energi sementara. Banyak remaja yang menyukai minuman ringan, terutama minuman berenergi yang sering digunakan sebagai cara untuk menghindari kantuk.