Asyiknya Berenang di Bendung Ciwayang

JABARNEWS | MAJALENGKA – ‎Anak-anak di Desa Sindanghaji Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka

terlihat asyik berenang di Bendung Ciwayang. Padahal, sejatinya air sungai yang mengalir ini, merupakan saluran irigasi sekunder untuk mengairi area tanah persawahan di sekitar Palasah.

Akan tetapi, bagi anak-anak yang senang bermain, ditambah untuk alasan ngabuburit, puluhan anak- anak menenggelamkan diri berenang di saluran tersebut.

Seperti terlihat pada Senin (28/5/2018), sekira 15 anak dengan telanjang dada tampak asyik bercipratan di bendung tersebut. Sebagian besar anak-anak mengaku bahwa itu kegiatan yang sering dilakukan setiap hari untuk menunggu waktu sore.

Baca Juga:  Jenis Soal dan Kisi-kisi Materi Tes SKD CPNS 2023

Salah seorang anak, Agung mengatakan Bendung Ciwayang selalu dimanfaatkan anak-anak di dekat bendungan untuk berenang. Apalagi saat ini kondisi airnya (volume maupun debit) sedang banyak, karena mendapat kiriman melimpah dari area dataran yang lebih tinggi.

Baca Juga:  Kenapa Kucing Jadi Hewan yang Dihormati dalam Tradisi Islam?

“Asyik wae ngojay jeung ngabuburit, daripada di imah wae dicarekan ku Mimi. ‎( asyik saja berenang sambil nunggu berbuka puasa, daripada di rumah, dimarahin terus oleh Ibu),” ungkapnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, Jaya mengatakan Bendung Ciwayang memang selalu dijadikan ajang ngabuburit oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kalau sore hari, di sekitar Bendung Ciwayang tersebut ‎akan banyak anak-anak muda yang duduk-duduk di rerumputan sambil melihat hamparan sawah. Namun jika siang hari, kebanyakan dimanfaatkan oleh anak-anak untuk berenang.

Baca Juga:  Mayat Perempuan Ditemukan Membusuk di Purwakarta

“Kalaupun bukan bulan Ramadhan, Bendung Ciwayang ini selalu dijadikan tempat mencuci pakaian bagi ibu-ibu rumah tangga. Airnya bersih dan tempatnya tidak merepotkan,” ungkapnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat