Atap SD Ini Ambruk, KBM Siswa Terbengkalai

JABARNEWS | KUNINGAN – Atap tiga lokal ruang SD Negeri Cihirup, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan ambruk. Kendati ambruknya tiga lokal ruangan itu terjadi sejak awal Februari lalu, namun hingga kini belum ada tanda-tanda akan segera dilakukan perbaikan.

Kepala SD Negeri Cihirup, Edi Suardi, mengatakan, kerusakan bangunan sudah dilaporkan ke Pemkab Kuningan. Ambruknya atap ketiga ruang kelas itu diduga diakibatkan sudah termakan usia.

“Sekolah ini didirikan pada tahun 80-an. Untuk dindingnya sendiri pernah diperbaiki pada 2014. Namun, untuk atapnya, belum pernah diperbaiki,” ujarnya, dikutip Radar Kuningan, Kamis (12/4/2018)

Baca Juga:  Bandara Kertajati Resmi Layani Penerbangan Reguler

“Sudah beberapa kali mendapat tinjauan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) DR H Dian Rahmat Yanuar MSi dan juga dari Plt Bupati Kuningan Dede Sembada. Sempat ada orang dari konsultan melakukan pengukuran dan penghitungan kebutuhan materil dan lainnya. Katanya dalam waktu dekat akan dilakukan perbaikan. Semoga saja benar,” tambahnya.

Baca Juga:  Inilah Enam Penyebab Terjadinya Keguguran Berulang

Disebutkannya, yang pertama kali rusak adalah ruang kelas 3 pada Februari 2017. Agar jangan ambruk, plafon kelas diganjal kayu. Kemudian, kerusakan merembet ke dua kelas di sebelahnya.

“Akibat kerusakan, siswa kelas 3 dan 4 harus mengikuti KBM (kegiatan belajar mengajar) di musala serta kelas 5 belajar di ruang kepala sekolah. Para siswa belajar dengan cara duduk lesehan di lantai,” katanya.

Baca Juga:  Cari Dukungan Itu Seperti Jual Produk

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kuningan, Dian Rahmat Yanuar, mengatakan, bangunan SD Cihirup yang rusak tengah dalam penanganan Disdikbud.

“Karena keterbatasan anggaran daerah, perbaikan hingga kini belum bisa dilakukan. Kami tengah mengupayakan untuk meminta bantuan dari pusat. Untuk sementara tidak bisa dipenuhi dari anggaran daerah yang terbatas,” terangnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat