Awas! Jangan Remehkan Komorbid, Segera Periksakan Jika Ada Keluhan Penyakit Bawaan

Ilustrasi komorbid atau penyakit bawaan. (Foto: persi.or.id).

Pada beberapa orang, bisa saja tidak merasakan sesuatu hingga penyakit sudah stadium tinggi tapi ada juga yang merasa ada bagian tubuh tidak nyaman saat mengonsumsi makanan tertentu.

Rasa tidak nyaman ini bisa jadi respon tubuh terhadap suatu gejala penyakit. Saat tertular Covid-19 dan didiagnosis terdapat penyakit bawaan barulah kita menyadari bahwa tubuh kita tidak dalam keadaan seratus persen sehat.

Baca Juga:  Berikut Ramalan Zodiak untuk Pisces Hari Ini

Bagi mereka yang belum mengetahui apakah memiliki komorbid atau tidak, dr.Ario menyarankan agar berkonsultasi dengan dokter.

“Diagnosis akan dilakukan dokter melalui anamnesis tanda serta gejala sebelumnya, pemeriksaan fisik, dan beberapa pemeriksaan penunjang meliputi pemeriksaan darah, pemeriksaan rekam jantung/elektrokardiogram(EKG), dapat juga melalui pemeriksaan pencitraan, seperti rontgen, ultrasonography, Computerized Tomography (CT) scan, atau Magnetic Resonance Imaging (MRI),” ucap dr. Ario.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Cancer, Leo dan Virgo: Evaluasi Kembali Posisi Anda dan Pertimbangkan

Jika pasien terbuka dan jujur, dokter dapat mengetahui sejauh mana kondisi komorbid pasien tersebut terkontrol karena kondisi komorbid pada setiap pasien berbeda. Ada yang kondisi komorbidnya stabil terkontrol dan ada yang kambuh.

Baca Juga:  Bogor Alami Ledakan Kasus Covis-19, Disebabkan Karena Ini