Awas! Jangan Remehkan Komorbid, Segera Periksakan Jika Ada Keluhan Penyakit Bawaan

Ilustrasi komorbid atau penyakit bawaan. (Foto: persi.or.id).

JABARNEWS | BANDUNG – Tubuh kuat dan sehat tidaklah abadi sebab seiring pertambahan usia, kemampuan tubuh dan kemampuan organ vital semakin menurun. Penurunan kesehatan akan lebih cepat lagi jika dalam jangka panjang berada di lingkungan kotor, berpolusi, dan terpapar zat kimia.

Gaya hidup yang buruk dari usia muda, seperti tidak menjaga asupan gizi yang baik, pola makan tidak teratur, kurang istirahat, stres, dan tidak rutin berolahraga dapat memicu tubuh lebih cepat menua dan lemah.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Scorpio, Berhentilah Berharap Dengan Seseorang di Masa Lalu

Saat pandemi Covid-19 merebak tahun 2020 lalu yang memakan banyak korban terutama mereka yang memiliki komorbid atau penyakit bawaan, barulah banyak yang tersadar untuk menjaga kesehatan karena takut kalau sampai terkena virus akan mengalami sakit parah atau malah meninggal dunia.

Penyakit komorbid merupakan penyakit penyerta lain selain penyakit utamanya. Dapat bersifat akut atau kronis menahun, adanya komorbid bisa memperparah gejala atau beratnya derajat penyakit utama.

Dokter Penyakit Dalam RS Premier Jatinegara Jakarta, dr. Ario Perbowo Putra, Sp. PD, FINASIM menyarankan agar masyarakat tidak mengabaikan komorbid terutama saat pandemi.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Scorpio 9 April 2022, Ada Kejutan yang Mungkin Sedang Disiapkan oleh Pasangan Mu