Bagi Pemula Yang Baru Merawat Kucing, Perhatikan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling disukai manusia. Selain lucu, perilaku kucing juga sangat menggemaskan. Namun, tahukah kalian cara merawatnya. Semua hewan memiliki sifat sensitif yang harus dipahami manusia.

Secara sepintas, kucing memang tampak seperti hewan yang mandiri. Namun, kucing tetap saja butuh perawatan yang baik agar tetap sehat. Kucing bisa dipelihara dengan kandang atau tanpa kandang. Bila merawat tanpa kandang, kucing memang bisa leluasa bermain, namun sebaiknya tetap memperhatikan kebersihannya agar kucing tetap berada dalam keadaan sehat.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19 Terkendali, Pemerintah Tegaskan Tak Ada Larangan Mudik Lebaran

Dilansir dari beberapa sumber berikut, berikut cara merawat kucing bagi pemula:

1. Sisir bulu kucing, kucing yang dipelihara tanpa kandang tentunya sangat aktif berkeliaran sehingga harus dijaga kebersihannya secara rutin, atau yang disebut juga dengan grooming. Menyisir bulu kucing sangat penting untuk mengangkat bulu-bulu yang sudah mati, membersihkan kutu, menghilangkan jamur pada bulu kucing, gumpalan, dan juga dapat melancarkan aliran darah pada tubuh kucing.

Baca Juga:  Pengurus Cabor Sampaikan Mosi Tidak Percaya Untuk Ketua KONI Subang

2. Ajarkan kebiasaan hidup sehari-hari. Anda bisa mulai mengajarkan beberapa kebiasaan baik pada kucing seperti pergi ke toilet, makan, dan tempat tidur.

3. Rajin mencuci gigi, telinga, dan kuku kucing. Spot-spot ini sangat rentan terhadap kuman dan bakteri. Jika dibiarkan kotor, hal ini bisa menyebabkan infeksi dan penyakit pada kucing.

4. Tidak perlu memandikan kucing secara teratur. Ketika bulu kucing mulai berbau, kalian dapat memandikannya dengan air dingin. namun jangan sekali-kali menggunakan air panas karena dapat merusak bulu dan menyebabkan iritasi kulit pada kucing.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak, Aries, Taurus Kalian Harus Lebih Percaya Diri Lagi

5. Beri makan secara teratur untuk menghindari kucing mencari makanan sendiri secara sembarangan, pastikan untuk memberikan makan secara teratur 2-3 makanan sehari. Tambahkan pula sayuran dan buah seperti brokoli yang sudah dimasak. Anak kucing berusia 6-12 minggu bisa diberi makan empat kali sehari. Biarkan kucing bermain dengan makanannya melalui modifikasi wadah makanan secara unik.

Penulis: Muhammad Amaludin