Bagi Yang Memiliki Penyakit Jantung, Makan Buah Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, penyakit jantung disebut sebagai penyebab kematian nomor dua di Indonesia setelah stroke.

Kalia bisa mengurangi risiko terkena penyakit tersebut, dengan mengonsumsi berbagai buah yang baik untuk jantung. Buah-buahan tersebut bisa Anda temui di supermarket, toko buah di dekat rumah, bahkan beberapa di antaranya, dijual oleh tukang sayur keliling. Berbagai buah yang baik untuk jantung ini, sangat segar dan bisa diolah menjadi berbagai kudapan.

Dilansir dari beberapa sumber berikut buah-buahan yang dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung:

Baca Juga:  Walau di Rumah, Psikolog: Mari Tetap Berolahraga

1. Pisang – Kalium adalah unsur kimia, yang dibutuhkan tubuh, untuk menyehatkan jantung. Sebab, kalium mampu mengontrol tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah jantung. Dengan mengkonsumsi satu buah pisang, Anda sudah memenuhi 9% rekomendasi asupan harian kalium. Selain itu, pisang juga kaya akan serat. Sebuah membuktikan bahwa pola makan yang kaya serat, bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Apel – Apel dipercaya mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Sebab, apel mengandung serat larut, yaitu jenis serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol, di dalam darah. Apel juga mengandung polifenol (zat kimia pada tumbuhan), yang memiliki efek antioksidan. Dibanding daging buahnya, kulit apel memiliki kadar polifenol yang lebih tinggi. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi apel, beserta kulitnya.

Baca Juga:  Penatnya Rutinitas Kerja, Inilah yang Bikin Libur Lebih Produktif

3. Melon jingga – Melon jingga, atau yang dikenal sebagai cantaloupe, mengandung banyak air. Ketika Anda mengonsumsi buah yang baik untuk jantung ini, tubuh akan terhidrasi tugas jantung dalam memompa darah pun, akan terasa ringan. Itulah sebabnya, buah ini masuk ke dalam daftar buah yang baik untuk jantung.

4. Kiwi – Kurangi garam dan tambahlah porsi kalium. Ini adalah saran yang diberikan American Heart Association (AHA), untuk jantung sehat. Jika Anda bosan dengan pisang, kiwi bisa menjadi penggantinya. Buah yang dagingnya berwarna hijau segar ini, mengandung kalium. Satu buah kiwi, memiliki 215 gram kalium, atau setara dengan 5% dari RAH orang dewasa.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Capricorn, Aquarius dan Pisces

5. Pepaya – Sama seperti kiwi, pepaya juga akan kaya serat dan kalium, yang bisa menyehatkan jantung Anda. Maka dari itu, jika sedang mencari buah terbaik untuk kesehatan jantung, jangan sampai melupakan pepaya.

Penulis: Muhammad Amaludin