Banyak Orang Tidak Tau, Ini Manfaat dari Wijen

Manfaat biji Wijen (PMJNews)

JABARNEWS | BANDUNG – Banyak orang hanya mengetahui wijen dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk seperti biji utuh, pasta wijen, minyak wijen, ataupun bubuk wijen.

Tanaman yang dalam bahasa latin disebut Sesamum indicum ini sering digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan dan minuman seperti roti, kue, selai, saus, dan minuman kopi atau teh.

Selain sebagai bahan masakan, Wijen juga memiliki manfaat kesehatan yang beragam karena kaya akan nutrisi. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (17/2/2023), berikut sejumlah manfaat mengonsumsi wijen secara rutin.

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Biji wijen kaya akan mineral penting, seperti kalsium dan fosfor, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium adalah mineral utama yang membentuk tulang dan membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Fosfor juga penting untuk pembentukan tulang dan gigi, serta membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, biji wijen juga mengandung senyawa antibakteri yang membantu melawan bakteri penyebab kerusakan gigi dan gusi.