Beberapa Daerah yang Dilalui Sesar Cimandiri, Sumber Gempa Magnitudo di Cianjur

Gempa Cianjur

JABARNEWS │ BANDUNG – Pergeseran sesar Cimandiri disebut-sebut menjadi penyebab utama gempa Magnitudo 5,6 yang berpusat di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) kemarin. Gempa tersebut dilaporkan menelan banyak korban jiwa.

Seberapa aktifkah dan wilayah mana saja yang dilalui sesar Cimandiri?

Baca Juga:  Herman Suherman Bahas Stunting dan Ketahanan Pangan di Cianjur, Ini Katanya

Peneliti Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Eddy Zulkarnaini Gaffar mengatakan, sesar Cimandiri yang terdiri dari beberapa segmen bermuara di sungai Citarik yang merupakan bukti tektonik yang paling muda hingga Padalarang.

“Sesar Cimandiri dapat dibagi menjadi beberapa segmen mulai dari Pelabuhan Ratu (Banten) sampai Padalarang (Kab. Bandung Barat),” ujar Eddy dikutip dari situs LIPI, yang kini jadi bagian BRIN.

Baca Juga:  Meski Belum Masuk Tahapan Pemilu, Kegiatan Bacaleg di Cianjur Diawasi

Beberapa segmen sesar Cimandiri meliputi segmen sesar Cimandiri Pelabuhan Ratu (Banten)-Citarik (Sukabumi), Citarik­ Cadasmalang (Sukabumi), Ciceureum-Cirampo (Sukabumi), Cirampo-Pangleseran (Sukabumi), Pangleseran (Sukabumi)-Cibeber (Cianjur), dan beberapa segmen Cibeber sampai Padalarang (Kab. Bandung Barat).

Baca Juga:  Segarnya Berenang Di Situ Pajajar

“Serta segmen Padalarang­ Tangkuban Perahu yang dapat diamati sebagai lembah sungai yang berarah hampir timur-barat dan membelok ke arah timur laut mulai dari Cibeber ke arah timur,” kata Eddy.