Beberapa Daerah yang Dilalui Sesar Cimandiri, Sumber Gempa Magnitudo di Cianjur

Gempa Cianjur

Analisa struktur geologi pun memperlihatkan bahwa ada beberapa gaya kompresi, yaitu berarah U3l 2°T, U28°T dan U72°T.

Tak hanya itu, menurut Eddy, sesar Cimandiri berpotongan dengan sesar lain. Sesar yang berarah barat-timur dipotong oleh sesar yang berarah timur laut-barat daya. Sesar yang berarah timur laut-barat daya tersebut merupakan lajur sesar yang berumur relatif lebih muda dari sesar utama Cimahdiri.

Baca Juga:  Warga 5KC Desak Bupati Cianjur Tetapi Janji Soal Pemekaran

Di antara lajur sesar yang berarah timur laut-barat daya adalah lajur sesar Citarik yang kemungkinan menerus sampai ke wilayah Bogor dan Jakarta.

Di samping itu, lajur sesar Cibadak melalui lokasi daerah longsor Warungkiara menerus sampai kota Cibadak dan desa Nagrak yang pernah dilanda gempa pada 2002.

Baca Juga:  Sajajar Institute Cianjur Soroti Soal Retribusi RSUD dan Puskesmas Ditarif, Betulkah Ada Pungli?

“Apabila terjadi gempabumi pada lajur sesar ini akan merusak daerah yang labil tersebut,” ungkap dia.

Dalam penelitian terpisah, Muhammad Adis S. W. pada 2018, Sesar Cimandiri telah menyebabkan beberapa gempabumi seperti Gempa Pelabuhan Ratu (1900), Gempa Padalarang (1910), Gempa Conggeang (1948), Gempa Tanjungsari (1972), Gempa Cibadak (1973), Gempa Gandasoli (1982) dan Gempa Sukabumi (2001).

Baca Juga:  Berikut Profil Harry Styles Dan Hubungan Asmaranya

“Meskipun telah terjadi banyak gempa di sekitar Sesar Cimandiri ini tetapi karakteristik dari sesar ini masih menjadi perdebatan ahli kebumian,” kata dia dalam jurnal yang diterbitkan Universitas Padjadjaran (Unpad). (red)