Berapa Banyak Kopi yang Aman untuk Dikonsumsi? Ini Kata Dokter

Ilustrasi minum kopi dan dampaknya bagi kesehatan
Ilustrasi minum kopi dan dampaknya bagi kesehatan. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNGKopi merupakan minuman yang populer di seluruh dunia dan seringkali menjadi sahabat setia bagi banyak orang dalam menjalani hari-hari mereka.

Sebagai salah satu minuman yang mengandung kafein, kopi dapat memberikan dorongan energi dan meningkatkan konsentrasi. Namun, pertanyaannya adalah, berapa banyak kopi yang aman untuk dikonsumsi?

Baca Juga:  Sederet Fakta Tentang Minum Kopi, Benarkah Bikin Susah Tidur hingga Sebabkan Sakit Jantung?

Dokter spesialis gizi klinik, dr. Christopher Andrian, MGizi, SpGK, menjelaskan bahwa yang perlu diperhatikan adalah kandungan kafein dalam kopi. Untuk orang dewasa, batas aman konsumsi kafein dalam sehari sekitar 200 mg hingga 400 mg.

Baca Juga:  Ingat! Ini Larangan Buat ASN Saat Libur Isra Mi'raj dan Nyepi

“Itu setara dengan 2-3 gelas kopi. Tetapi, hal ini tergantung pada jenis kopi dan seberapa banyak kopi yang diminum. Jadi, mengonsumsi kafein dalam jumlah berlebihan dalam satu kali minum juga harus dihindari,” kata dr. Christopher saat ditemui di Jakarta Selatan.

Baca Juga:  Simak Manfaat Minum Kopi dengan Cokelat untuk Kesehatan

Kenapa penting untuk membatasi konsumsi kafein? Salah satu alasan utamanya adalah risiko terjadinya serangan jantung. Semakin tinggi asupan kafein, semakin tinggi pula risiko serangan jantung.