Berikut Biaya Mahasiswa Jalur Mandiri di ITB, IPB dan Unair, Berminat?

Institut Pertanian Bogor atau IPB. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG  – Seleksi calon mahasiswa jalur mandiri mulai dilakukan sejumlah perguruan tinggi favorit di Indonesia. Seperti biasanya, kampus-kampus ini mematok biaya pengembangan institusi atau uang pangkal yang harus dibayar calon mahasiswa baru jalur seleksi mandiri.

Besaran biaya uang pangkal calon mahasiswa jalur mandiri yang dipungut pun besarannya cukup fantastis. Mulai dari Rp 20 juta hingga Rp 90 juta. Besaran biaya tersebut tergantung program studi dan kampus tujuan.

Baca Juga:  Zodiak Kesehatan 22 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Sagitarius dan Scorpio

Seperti diketahui, uang pangkal merupakan biaya yang dibayarkan sekali oleh calon mahasiswa jalur mandiri selama menempuh pendidikan. Biaya ini terpisah dari biaya semester atau uang kuliah tunggal (UKT). Umumnya kebijakan uang pangkal berlaku di perguruan tinggi negeri badan hukum (PTN-BH).

Baca Juga:  Kronologi Ratusan Mahasiswa IPB Terlibat Pinjol

Beberapa PTN-BH yang menarik biaya uang pangkal di antaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB University), dan Universitas Airlangga (Unair).

Baca Juga:  Kritik Kebijakan ITB Soal Bayar Tunggakan UKT Pakai Pinjol, DPR; PTNBH Perlu Dikaji Ulang

Melansir masing-masing laman penerimaan mahasiswa baru, berikut besaran uang pangkal di ITB, IPB, dan Unair bagi mahasiswa baru 2022: