Bukan Batuk dan Demam, Ini Loh Gejala Penyakit Gagal Ginjal Akut

Gejala gagal ginjal akut pada anak.
Gejala gagal ginjal akut pada anak. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ JAKARTA – Merebaknya penyakit gagal ginjal akut pada anak mengagetkan publik. Meski bukan penyakit baru, tingginya jumlah kasus ini membuat banyak orang tua khawatir dengan kesehatan anaknya. Penyakit ini kerap muncul bersamaan dengan batuk dan demam. Lalu seperti apa gejalanya?

Tak sedikit orang tua menyebut, kemunculan penyakit gagal ginjal akut bersamaan dengan kemunculan dengan batuk pilek. Padahal kemunculan penyakit gagal ginjal akut taka da hubungannya dengan saluran pernafasan.

Baca Juga:  DPRD Jabar: TPPAS Legok Nangka Harus Dimanfaatkan Lewat Teknologi

Menurut Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Lies Dina Liastuti, penyakit gagal ginjal akut menyerang pada saluran kencing. Sehingga tidak ada hubungannya dengan batuk pilek atau demam.

Baca Juga:  BPKN: Kasus Gagal Ginjal Harus Dilihat Dari Kaca Mata Hukum

Masih menurut Lies, gejala awal penyakit gagal ginjal akut ditandai dengan menurunnya frekuensi buang air kecil pada anak.

“(Gejalanya) bukan batuk dan pilek. Gagal ginjal, kan, pada saluran kencing, [sedangkan] batuk pilek itu pada saluran napas,” ujar Lies dalam konferensi pers daring, Kamis (20/10).

Baca Juga:  Cacar Monyet Naik Status Jadi Darurat Kesehatan Global, Begini Kata Kemenkes

Namun demikian, Lies juga tidak membantah kemunculan penyakit gagal ginjal akut bisa saja bersamaan dengan batuk-pilek atau demam. Menurutnya, batuk dan demam bisa muncul saat paru-paru telah terpenuhi cairan akibat racun yang tidak bisa keluar dari dalam tubuh.