Cara Unik Membaca Kecerdasan Anak, Cukup Dengan Boneka

JABARNEWS | BANDUNG – Untuk dapat mengetahui seberapa cerdas sang anak, sebenarnya ada berbagai macam cara yang dapat dilakukan. Namun, ada beberapa cara unik dan salah satunya adalah dengan cara memerhatikan bagaimana dia memperlakukan bonekanya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di London, anak-anak yang gemar menggendong bonekanya di lengan kiri akan memiliki kemampuan kognitif dan keterampilan sosial yang sangat baik.

Dalam percobaan dengan hampir 100 anak berusia empat atau lima tahun, para ilmuwan menemukan bahwa anak-anak bahkan mengenali gambar yang belum sempurna yang terdiri dari tiga titik sebagai wajah.

Baca Juga:  Sadis! Ibu Tiri Habisi Anak Dan Suami

Saat anak-anak diberi bantal kosong, mereka tidak menggendongnya seperti bayi. Namun ketika tiga titik digambar di atas bantal, mereka melihatnya sebagai wajah dan membuat gerakan seperti menggendong ‘bayi.’

“Fenomena ini dikenal sebagai `bias pengasuhan kiri,` tidak hanya hadir pada manusia, ia menyebar di seluruh kerajaan hewan dan ditemukan pada spesies yang berbeda seperti gorila dan rubah terbang,” jelas Dr. Gilliam Forrester, salah satu penulis penelitian.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Pasti ada Jalan Untuk Masalah Yang Timbul

Dr. Forrester berpendapat bahwa menggendong bayi dengan tangan sebelah kiri memungkinkan seseorang lebih efisien memerhatikan kesehatan bayi

Anak-anak yang menggendong boneka di sebelah kiri, memberi mereka posisi optimal untuk memahami mimik wajah dibandingkan anak-anak yang menggendong dengan tangan kanan.

Anak-anak itu lebih baik menyelesaikan serangkaian tes mental dan sosial yang diberikan oleh para peneliti.

Pola yang sama muncul ketika para ilmuwan memberi anak-anak boneka bayi yang sebenarnya.

Baca Juga:  BNN Sebut Pemakai dan Pengedar Narkoba Meningkat di Tasikmalaya

“Apa yang disebut ‘bias pengasuhan kiri’ adalah ‘hadir di awal perkembangan dan Anda tidak perlu memiliki pengalaman memegang bayi untuk mengekspresikan preferensi ini,” kata Dr. Forrester.

Nah, itulah tadi cara mengetahui kecerdasan anak dengan cara melihat bagaimana dia menggendong boneka. Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Liputan6

Jabarnews | Berita Jawa Barat