Cegah Stunting Di Purwakarta, Bupati Bagikan Dua Obat Ini

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebanyak 6.192 anak di Purwakarta mengalami Stunting (permasalahan pertumbuhan anak) yang tersebar di hampir seluruh kecamatan, yang kini menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Menurut Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, sebenarnya mencegah stunting sudah bisa dilakukan sejak dini semenjak masa kehamilan.

“Kuncinya tentu dengan meningkatkan asupan gizi ibu hamil dengan makanan yang berkualitas baik. Zat besi dan asam folat merupakan kombinasi nutrisi penting selama kehamilan yang dapat mencegah stunting pada anak ketika dilahirkan nanti,” ucap Anne saat ditemui usai membuka acara di Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, Jumat (22/11/2018).

Baca Juga:  Kemenkes Rencanakan Vaksin Covid-19 Dosis Keempat, Begini Alasannya

Ia menambahkan, saat itu ibu harus mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat ini akan berfungsi sebagai pembentuk sistem syaraf pusat termasuk otak.

Baca Juga:  Sejahterakan Warga Kurang Mampu Melalui "Gentong Serebu"

“Saat trismester pertama ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang tinggi akan asam folat seperti kacang hijau, bayam, alpukat, jeruk,” ujarnya.

Bukan hanya asam folat, lanjut dia, pada trismester ini para ibu hamil pun harus mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak tidak jenuh untuk membantu tumbuh kembang sistem syaraf pusat, termasuk otak pada janin.

Baca Juga:  Ratusan Pengendara Di Purwakarta Terjaring Razia

“Selain itu, untuk mencegah stunting di Purwakarta, Saya sudah perintahkan Dinas Kesehatan untuk memberikan vitamin asam folat dan kalsium. Seperti yang saya konsumsi saat ini, obatnya murah kok. Jadi, ibu hamil yang ada di Kabupaten Purwakarta akan diberikan kedua obat tersebut secara gratis dan ini merupakan bentuk pelayanan yang kami berikan untuk masyarakat,” pungkasnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat