Dampak Polusi Udara di Jakarta, Bisa Rusak Otak hingga Picu Alzheimer dan Parkinson

Polusi udara yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya disebut bisa memicu kerusakan otak (1)
Polusi udara yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya disebut bisa memicu kerusakan otak . (foto: istimewa)

JABARNEWS │ JAKARTA – Buruknya kualitas udara (polusi udara) yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya disebut memiliki dampak yang serius, terutama pada kesehatan paru-paru. Tidak hanya merugikan paru-paru, dampak dari polusi ini juga dapat memicu kerusakan pada otak.

Baca Juga:  PSSI Lakukan Komunikasi dengan AFC Terkait Tuan Rumah Piala Asia 2023, Ini Hasilnya

Dokter spesialis paru-paru RSPI-Bintaro Jaya Hospital, Dr. Feni Fitriani Taufik menjelaskan, polusi terdiri dari berbagai jenis gas berbahaya, termasuk gas monoksida yang dapat merusak fungsi otak.

” Jika manusia terpapar karbon monoksida dalam waktu lama ada efeknya ke otak. Bisa mengalami masalah memori hingga kesulitan berkonsentrasi,” ungkap Dr. Feni dalam wawancara eksklusif dengan media yang diadakan oleh RSPI, Jumat (10/8).

Baca Juga:  Setelah Anies dan Ridwan Kamil, Kini Giliran Jokowi yang Dukung Citayam Fashion Week

Selain karbon monoksida, tentu saja terdapat berbagai zat dan gas lain yang terkandung dalam polusi. Misalnya zat magnetit yang memiliki sifat magnetik.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Cancer, Leo dan Virgo: Harimu Akan Dipenuhi Pikiran Romansa

Magnetit merupakan salah satu jenis polutan yang dapat memicu stres oksidatif pada tubuh. Jenis stres ini memiliki potensi untuk menyebabkan penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer hingga Parkinson.