Dampak Sering Minum Teh Manis bagi Kesehatan Tubuh

Dampak sering minum teh manis bagi kesehatan
Dampak sering minum teh manis bagi kesehatan. (foto: istimewa)

Anemia

Minum teh manis secara berlebihan dapat menyebabkan anemia. Tanin dalam teh dapat mengikat zat besi dalam makanan, terutama jika teh dikonsumsi bersamaan dengan makanan, sehingga mengganggu penyerapan zat besi oleh tubuh.

Zat besi diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah, yang mengandung hemoglobin berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Jika kita mengonsumsi teh secara berlebihan, bisa menyebabkan anemia yang ditandai dengan gejala 5 L (lesu, lelah, letih, lemah, lalai).

Baca Juga:  10 Dampak Buruk Sering Konsumsi Minuman Bersoda, Termasuk Risiko Kanker

Perlu diperhatikan bahwa minum teh manis secara berlebihan dapat berisiko menimbulkan masalah kesehatan, oleh karena itu sebaiknya minumlah teh secara seimbang dan menjaga pola makan yang sehat.

Gangguan pencernaan

Salah satu bahaya minum teh manis secara berlebihan adalah gangguan pencernaan. Kafein yang terkandung dalam teh manis dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan.

Baca Juga:  Tujuh Kuntilanak Terlihat Setelah Pohon Bunut Di Ciamis Tumbang

Minum teh manis dalam kondisi perut kosong dapat menyebabkan gejala mual, nyeri ulu hati, dan diare, serta meningkatkan risiko terjadinya GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), yaitu kondisi ketika asam lambung naik hingga kerongkongan, menyebabkan sensasi panas dan terbakar di dada dan tenggorokan.

Baca Juga:  Tiga Jenis Minuman Sehat Penambah Energi Tubuh, Mudah Dibuat Di Rumah

Diabetes

Teh manis yang dikonsumsi dengan wajar memiliki dampak bagi kesehatan. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, teh manis dapat meningkatkan kadar gula darah, yang akhirnya dapat menyebabkan diabetes. “Konsumsi berlebih bila teh manis ditambah banyak gula dan susu tinggi lemak,” jelasnya. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News