Dari Depok ke Banyuwangi, Kakek 62 Tahun Ini Mudik Menggunakan Sepeda

JABARNEWS | BEKASI – Memasuki mudik lebaran kebanyakan pemudik menggunakan mobil dan motor, kakek 62 tahun ini justru turut serta pada rombongan mudik dengan sepeda. Tak tanggung-tanggung, Banyuwangi yang merupakan kota paling ujung di Jawa Timur menjadi destinasi kakek ini.

Jon Mainar (62) tak tampak lelah selepas mengayuh sepedanya dari Jakarta sampai di Kota Bekasi. Raut wajahnya justru menyiratkan kegembiraan meski usianya sudah memasuki senja.

Jon merupakan salah satu pemudik yang tergabung dalam Komunitas Bike To Work. Ia dilepas bersama 24 orang rekannya sesama komunitas dari Korlantas Polri di Jakarta untuk berangkat menuju kampung halaman masing-masing di Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Baca Juga:  Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama di Kota Cimahi Ditargetkan Selesai Bulan November

Ia mengaku perjalanan jauh dengan sepeda ke kota asalnya tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2016. Ia sengaja menggunakan sepeda supaya kondisi tubuhnya tetap sehat.

“Saya mudik ke Banyuwangi menggunakan transportasi sepeda sudah ke-4 kalinya untuk tahun ini,” ucap Jon disela istirahatnya di pos pengamanan kepolisian di Jalan Mayor Hasibuan, Kota Bekasi, Kamis (30/5/2019) malam.

Baca Juga:  Jangan Asal-asalan! Begini Tips Membeli Shockbreaker Mobil Bekas yang Berkualitas

Jon mengaku sudah terbiasa menempuh jarak jauh dengan alat gowesnya. Hal itu sudah menjadi hobi puluhan tahun. Pasalnya ia sendiri pernah menjadi atlet sepeda tahun 1977 hingga mengikuti ajang-ajang nasional.

“Kerjunas saya ikuti, cabang sprinter, sampai sekarang saya terus berpetualangan pakai sepeda, kemana-mana pasti pakai sepeda,” ujar Jon.

Dia mengatakan menggunakan sepeda membuat dirinya selalu merasa sehat. Lantaran terbukti bersepeda ke kampung halaman di tahun-tahun sebelumnya berhasil, maka ia niatkan kembali mengayuh sepeda itu untuk mudik tahun ini.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak 31 Desember 2021: Leo, Akan Merencanakan Liburan

Jon terlihat menggunakan sepeda tua. Ia juga membawa berbagai perlengkapan pribadi untuk mudik ke kampung halamannya.

Menurutnya butuh waktu sekitar 7-8 hari untuk sampai ke Banyuwangi. Meskipun begitu Jon akan tetap semangat terlebih rekan-rekan sesama pecinta sepeda menemaninya. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat