Deretan Keunikan Ikan Arwana Super Red

Ikan Siluk Merah atau Arwana Super Red
Arwana Super Red masih menjadi salah satu ikan hias yang paling banyak dicari. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ PURWAKARTA – Bagi pecinta ikan hias, Arwana Super Red rupanya menjadi salah satu ikan yang banyak dicari. Terlepas dari harganya yang mahal, Arwana Super Red memiliki banyak keunikan.

Tak heran ikan yang juga dikenal sebutan Ikan Siluk Merah dinobatkan sebagai satwa pesona nusantara oleh pemerintah Indonesia. Ikan ini sejatinya memang merupakan ikan endemik asal Indonesia, tepatnya Kalimantan.

Baca Juga:  Awas! Predator Seks Sudah Memangsa 26 Anak Di Kota Bogor

Seperti diketahui, Arwana Super Red merupakan ikan bertulang air tawar dari keluarga Osteoglossidae, juga dikenal sebagai bonytongues. Arwana sebenarnya termasuk jenis ikan purba yang hingga kini belum punah. Banyak nama yang melekat padanya, diantaranya ikan siluk, ikan kayangan, ikan kalikasi, dan ikan kelasa.

Baca Juga:  Majalengka Tertutup Untuk Produk Luar

Ikan ini mampu bertelur sekitar 30-70 butir dalam setiap bertelur. Ikan ini mengerami telurnya di dalam mulutnya atau mouthbreeder. Uniknya, puluhan telur ini bukan dierami oleh induk betina, melainkan induk jantannya.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Untuk Leo, Pekerjaan Rumah Kamu Lagi Menumpuk Nih

Ikan Arwana Super Red ini dikenal sebagai ikan pelompat unggul. Keahliannya ini ia gunakan untuk berburu hewan kecil yang ada di permukaan air.