Dipercaya Bisa Meredakan Nyeri Sendi, Ini Manfaat Ketumbar

JABARNEWS | BANDUNG – Ketumbar atau yang memiliki nama latin Coriandrum sativum merupakan tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak.

Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Ketumbar mempunyai aroma yang khas. Aroma ini disebabkan oleh komponen kimia yang terdapat dalam minyak atsiri ketumbar. Komponen utama minyak atsiri ketumbar adalah linalool, dengan komponen pendukung lainnya seperti geraniol, geranil asetat dan camphor.

Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika Latin dikenal sebagai cilantro. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.

Baca Juga:  Komnas HAM Tak Setuju Jaksa Agung Larang Terdakwa Kasus Gunakan Peci dan Hijab

Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu berupa biji berbentuk butiran beraroma keras yang dinamakan ketumbar. Dengan tambahan bumbu tersebut, aroma masakan akan lebih nyata.

Dilansir dari beberapa sumber berikut manfaat ketumbar bagi kesehatan:

1. Menurunkan Gula Darah – Tingkat gula darah yang tinggi bisa menyebabkan penyakit diabetes. biji, ekstrak, maupun minyak ketumbar bisa mengatasi hal ini karena bisa menurunkan gula darah.

Baca Juga:  Baru 50 Persen Dari 3.700 Kasus TB Ditangani

2. Mengatasi Gangguan Pencernaan – Manfaat air rendaman ketumbar yaitu dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan. Hal ini karena ketumbar mengandung antioksidan yang mampu membantu peregangan usus.

Air rendaman ketumbar diketahui dapat mengatasi berbagai gangguan pencernaan seperti diare, perut kembung, cacingan, sembelit hingga sindrom iritasi pada usus besar.

3. Mengobati Peradangan – dapat mengobati peradangan. Peradangan yang dimaksud yaitu seperti terjadi karena jerawat.

Peradangan yang terjadi karena jerawat dapat diatasi dengan air rendaman ketumbar. Air rendaman ketumbar mengandung anti bakteri yang bermanfaat untuk mengobati peradangan kulit.

Baca Juga:  Ezra Walian: Pertandingan Besok, Kami Sudah Siap

Selain mengobati jerawat, air rendaman ketumbar juga mampu mengatasi masalah kulit berminyak, meremajakan kulit, mencerahkan wajah hingga mencegah kulit terkena iritasi dan infeksi.

4. Meredakan Batuk dan Pilek – Siapa sangka, ketumbar juga punya kandungan vitamin C yang baik untuk tubuh. Kandungan vitamin C dalam air rebusan ketumbar mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh.

5. Meredakan Nyeri Sendi – Air rebusan ketumbar memiliki sifat analgesik dan kandungan asam linoleate-nya bisa merilekskan otot dan tulang yang tegang.

Penulis: Muhammad Amaludin