Dipercaya Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Berikut Manfaat Biji Coklat

JABARNEWS | BANDUNG – Kakao atau Theobroma cacao L adalah pohon budidaya di perkebunan yang berasal dari Amerika Selatan, tetapi sekarang ditanam di berbagai kawasan tropika. Dari biji tumbuhan ini dihasilkan produk olahan yang dikenal sebagai cokelat.

Manfaat biji coklat sangatlah beragam, mulai dari membantu mengontrol kadar gula darah hingga mencegah penyakit jantung. Selain itu, makanan ini juga mengandung berbagai nutrisi mulai dari serat hingga mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat Kakao (Biji Coklat) bagi kesehatan:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh – Kandungan antioksidan yang ada di dalam biji coklat juga dinilai dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan, pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, biji coklat terbukti dapat melindungi tubuh dari efek membahayakan yang muncul akibat alergi makanan.

Baca Juga:  SEMMI Jabar Kutuk Tindakan Oknum Polisi yang Banting Mahasiswa hingga Kejang-kejang di Tangerang

2. Memelihara fungsi otak – Pikun alias menurunnya daya ingat umumnya terjadi pada orang-orang berusia lanjut. Sebuah penelitian mengemukakan, flavonoid yang terkandung dalam kakao dapat memperlambat proses penurunan daya ingat pada orang lanjut usia. Efek ini diduga dipengaruhi oleh manfaat kakao yang dapat melancarkan aliran darah ke otak, dan efek antioksidan yang kuat sehingga dapat mengurangi dampak kerusakan sel otak.

Baca Juga:  Komite I DPD RI Usulkan Pembentukan Pansus Papua

3. Memperbaiki suasana hati – Theobromine, kafein, dan endorfin yang terkandung dalam kakao mempengaruhi suasana hati menjadi lebih positif dan meningkatkan kewaspadaan. Zat aktif di dalam kakao juga dapat meningkatkan endorfin, yaitu senyawa kimia dalam otak yang berperan melawan stres dan perasaan murung. Endorfin juga dipercaya dapat meningkatkan gairah.

4. Memperlambat penuaan pada kulit – Kakao memiliki nutrisi yang baik bagi kulit, serta zat kimia yang bersifat antioksidan dan anti radang, juga membantu melancarkan aliran darah ke kulit. Efek ini diduga berperan dalam membantu memperlambat kerusakan jaringan kulit akibat paparan sinar matahari, dan membantu memperlambat penuaan pada kulit.

Baca Juga:  Penumpang Kereta Api Tak Perlu Lagi Syarat Antigen, Berikut Aturan Lengkapnya

5. Membantu meringankan asma – Asma merupakan penyakit pernapasan kronis yang menyebabkan sumbatan dan peradangan di jalur napas. Penyakit pernapasan yang satu ini bahkan kerap mengancam nyawa. Nah, ternyata sebuah penelitian mengungkapkan manfaat kakao untuk orang yang memiliki asma. Ini terjadi berkat kandungan senyawa antiama pada biji coklat, yaitu teobromin dan teofilin.

Penulis: Muhammad Amaludin