Ditarget Selesai Bulan Ini, Pemasangan Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gunakan Metode Canggih

Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung. (Foto: Istimewa).

JABARNEWS │ JAKARTA – PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) selaku operator pembangunan jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menargetkan pemasangan rel selesai bulan Januari 2023.

GM Corporate Secretary PT KCIC, Rahadian Ratry mengatakan, pemasangan rel mencapai 11.810. Rel berstandar R60 dengan panjang 50 meter disambung menjadi 1.181 batang rel sepanjang 500 meter.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 29 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Virgo dan Libra

Menurutnya, pemilihan rel berstandar R60 dengan panjang 50 meter tersebut untuk trase KCJB. Rel yang diketahui merupakan rel terpanjang di dunia perkeretaapian Indonesia dianggap sangat cocok untuk proyek kereta berkecepatan 350 kilometer per jam.

Baca Juga:  Pemulung Di Kota Cirebon, Temukan Lima Bom Aktif

“Dengan panjang 1 rel yang telah tersambung sepanjang 500 meter, hal ini membuat rel yang digunakan di proyek KCJB minim sambungan. Ini sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan pengguna KCJB mengingat kereta cepat ini akan melaju dengan kecepatan 350 kilometer per jam,” ujar Rahadian dikutip Kompas.com, Rabu (18/1/2023).

Baca Juga:  Link CCTV untuk Memantau Langsung secara Online Arus Mudik Lebaran 2022

Ia memastikan setiap batang rel sudah melalui proses uji serta melewati proses pengelasan di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, dengan metode Flash-butt Welding yang dikenal sebagai salah satu metode terbaik untuk pengelasan.