Dukung Operasi Tanggap Darurat, Kominfo Kirim Telepon Satelit

JABARNEWS | JAKARTA – Pasca gempa bumi berkekuatan 7 SR, Minggu malam (19/8/2018). Kementerian Komunikasi dan Informatika mengirim telepon satelit tambahan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dilansir dari antaranews.com, sebanyak 34 unit telepon satelit tersebut dikirimkan hari ini, Senin (20/8/2018) dan melengkapi perangkat telepon satelit yang telah dikirimkan Badan Aksesbilitas Teknologi Informasi (BAKTI) sebelumnya menjadi 50 unit.

Baca Juga:  Bertemu Prabowo, Ini yang Diungkap Dedi Mulyadi

“Kominfo sudah kirim 50 telepon satelit untuk mendukung operasi tanggap darurat dari BNPB daerah,” kata Menteri Kominfo Rudiantara, usai pelantikan 170 pejabat eselon II, III, IV, di kantor Kominfo, Jakarta.

Pasca gempa bumi 7.0 SR dengan pusat di bagian barat Sumbawa Barat, Minggu (19/8) sejumlah kawasan di Pulau Lombok kembali terdampak. Aliran listrik di Lombok Timur dan Lombok Utara dilaporkan padam. Padamnya aliran listrik berpotensi memengaruhi operasional base station atau BTS yang ada di Pulau Lombok.

Baca Juga:  Futsal Pro League 2021: Hasil Babak Pertama Giga FC Kota Metro vs Black Steel Manokwari

“Karenanya teman-teman operator membawa genset ke lokasi gempa untuk mengaktifkan BTS-nya karena baterai hanya bertahan 4 jam,” ujar Rudiantara.

Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama operator telekomunikasi berusaha memulihkan jaringan telekomunikasi akibat gempa bumi itu.

Baca Juga:  Aher Ajak Pemuda Majukan Bangsa

Berdasarkan pantauan dari Balai Monitoring Frekuensi Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Mataram, pada Senin pukul 13.00 WIB, terdapat 536 base station site 2G, 3G, dan 4G di Pulau Lombok tengah yang masih dalam pemulihan agar bisa digunakan kembali. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat