Empat Manfaat Bermain Video Games Bagi Kesehatan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Ketika bermain video games secara berlebihan bisa menimbulkan masalah bagi kesehatan fisik maupun psikologis. Hal ini bisa membuat interaksi sosial milikmu menjadi buruk bahkan hingga kematian.

Namun, tentu saja tidak semua kebiasaan bermain video games ini bisa berdampak buruk pada seseorang. Pada beberapa kasus, hal ini bahkan bisa memberikan manfaat kesehatan.

JabarNews.com melansir dari banyak sumber, berikut beberapa manfaat bermain video games bagi kesehatan:

Pertama. Membuat Otak dalam Kondisi Meditatif – Bermain game bisa menimbulkan sensasi dan perasaan yang serupa dengan meditasi terutama ketika kamu memainkan game kesukaan.

Baca Juga:  Wali Kota Bandung Oded M Danial Meninggal Dunia, Ini Profil Singkatnya

Hal ini membuatmu menjadi sangat terlibat dengan permainan dan diketahui bisa memulihkan dirimu dari melakukan rutinitas yang membosankan.

Kedua. Mengistirahatkan Diri dari Kesibukan – Ketika bermain video games kamu bakal merasa istirahat dan terlepas dari kesibukan yang kamu alami.

Permainan yang kamu lakukan bakal menimbulkan rasa puas dalam diri. Sebuah penelitian menemukan bahwa lebih dari 60 persen eksekutif perusahaan bermain game ketika beristirahat dari kerja setiap hari.

Ketiga. Mengekspresikan Kreativitas dan Kebebasan – Ketika bermain game, kamu bakal mendapatkan lebih banyak kreativitas dan kebebasan.

Baca Juga:  Ini Dia Tanda Kalian Harus Mengundurkan Diri dari Pekerjaan

Bermain game bergenre sandbox atau simulasi juga bisa membuatmu menunjukkan dan melatih kreativitas yang kamu miliki.

Keempat. Melepaskan Dopamin – Ketika berada dalam kondisi senang, otak bakal melepaskan dopamin atau hormon bahagia. Bermain game merupakan salah satu hal yang bisa melepaskan dopamin dengan cukup mudah dan membuatmu bersiap kembali menjalani aktivitas. ***