Enam Jenis Buah dan Makanan untuk Melancarkan Buang Air Besar

Apel
Kandungan buah apel diyakini bisa menurunkan berat badan. (foto: istimewa)

Kacang-kacangan juga mengandung pati resisten yang mendukung kesehatan dinding usus. Mereka bisa ditambahkan ke berbagai hidangan, seperti salad, taco, dan hidangan pasta.

  1. Biji Chia

Biji chia kaya akan serat dan membantu menjaga pergerakan tinja yang lancar. Mereka membentuk zat seperti gel saat dicerna, membantu melunakkan tinja dan memudahkan buang air besar. Biji chia bisa ditaburkan di atas berbagai hidangan, termasuk sarapan, salad, dan smoothie.

Baca Juga:  5 Pengobatan Alami Ini Diyakini Bisa Mengatasi Sembelit

Buah ini juga dapat digunakan dalam resep kue sebagai pengganti telur dalam versi vegan. Campurkan satu sendok makan biji chia dengan tiga sendok makan air, diamkan selama 15 menit untuk mendapatkan konsistensi seperti gel.

  1. Apel
Baca Juga:  Imbas Gangguan Sistem, Bank Mandiri Alami Kerugian hingga Rp. 10 Miliar

Apel adalah salah satu makanan yang kaya akan serat, terutama jenis serat larut yang disebut pektin. Serat larut berperan dalam menambah volume tinja dan memastikan bahwa pencernaan berjalan lancar. Selain itu, pektin membentuk zat mirip gel ketika bersentuhan dengan air, yang membantu melunakkan tinja dan mencegah sembelit.

Baca Juga:  Berikut Manfaat Makan Pisang, Salah Satunya Merawat Kulit Anda

Yang membuat apel menjadi pilihan hebat adalah bahwa Anda dapat memakannya dalam berbagai cara. Memakan apel dengan kulitnya adalah yang terbaik, karena kulit apel mengandung sebagian besar serat dan nutrisi.