Gelar Acara Simposium Se-Timur Tengah dan Afrika, Pelajar Indonesia Gagas Konsep Moderasi Beragama

Mahasiswa Indonesia di Tunisia Muhammad Akmal Harviansyah (1)
Mahasiswa Indonesia di Tunisia Muhammad Akmal Harviansyah. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ TUNISIA – Perhimpunan Pelajar Indonesia di Timur Tengah dan Afrika akan mengadakan acara Simposium yang mengagas tema “Poros Moderasi Beragama Timur Tengah Dan Afrika”.

Tema dan konsep ini tentu berbarengan dengan misi Kementerian Agama RI yang tengah masif mengampanyekan misi moderasi beragama di tengah meningkatnya ekstremisme dan kekerasan yang mengatasnamakan agama.

Baca Juga:  Menghidupkan Kemanusiaan dan Toleransi Ala Buya Syafii

Para diaspora Indonesia umumnya, dan khususnya para pelajar Indonesia di wilayah Timur Tengah dan Afrika menyadari betapa pentingnya menggaungkan moderasi agama sebagai respons dalam mengatasi ekstremisme dan radikalisme agama.

Baca Juga:  Antisipasi Penyusup Pada Aksi 11 April, Polisi Akan Lakukan Pengecekan Peserta Aksi

Moderasi beragama menjadi penting dalam menjawab tantangan hidup berdampingan, kerukukan beragama, dan mewujudkan kemajemukan bangsa Indonesia yang damai.

Pada acara Simposium yang akan digelar pada pertengahan Juli nanti, para pelajar Indonesia di seluruh wilayah Timur Tengah dan Afrika akan berdiskusi untuk menciptakan konsep moderasi beragama yang dapat menjadi gerakan global kaum millenial dan Gen Z secara aplikatif dan implementatif.

Baca Juga:  Feroza 'Nyemplung' ke Sungai, Sopir Tewas