Gempa Magnitudo 4.5 Guncang Aceh dan Nias Selatan, Tidak Potensi Tsunami

JABARNEWS | ACEH – Gempa bumi kekuatan magnitudo 4.4 guncang Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (9/4/2011) pukul 21.14 WIB.

Data Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter terletak pada koordinat 4,76 LU dan 96,15 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 29 km Barat Daya Kabupaten Pidie Jaya di kedalaman 6 km.

Baca Juga:  Hari Ini, Sidang Isbat Penentuan 1 Dzuhijjah 1442 Hijriah Akan Digelar Daring

Menurut BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Sumatera pada segmen Aceh.

Masih laporan BMKG, berdasarkan laporan dari masyarakat guncangan gempa dengan magnitudo 4.5 dirasakan masyarakat Kabupaten Aceh Tengah. Namun tidak ada dampak kerusakam disebabkan gempa tersebut.

Baca Juga:  Purnawirawan Pati TNI AU Laporkan Dugaan Penipuan Rp10,5 Miliar

Pada hari yang sama gempa bumi juga terjadi di Kabupaten Nias Selatan dengan kekuatan magnitudo 2,9 pada pukul 22.18 WIB tidak berpotensi tsunami.

BMKG melansir, episenter terletak pada koordinat 0.67 LU dan 96,54 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 81 km Timurlaut, Kabupaten Nias Selatan di kedalaman 31 km.

Baca Juga:  Inilah 5 Barang yang Paling Laris Untuk Disewakan

Hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Ptr)