Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Dua Kecamatan Diselimuti Debu Vulkanik

JABARNEWS I KARO – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara erupsi dengan luncurkan awan panas sejauh 4000 meter arah Timur, Tenggara dan Selatan Jumat (14/5/2021) sekira pukul 05.43 WIB.

Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra menjelaskan, sejak Kamis malam sampai Jumat pagi terjadi 14 kali guguran awan panas gunung Sinabung.

“Sampai pagi ini terjadi 14 kali guguran awan panas,” katanya.

Baca Juga:  PPKM Di Karawang, Cellica Nurrachadiana: Industri Tetap Berjalan

Dia menjelaskan, abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. guguran awan panas ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 1 menit 397 detik.

“Ada dua Kecamatan yang terdampak abu vulkanik,” ucap Armen.

Menurutnya, hujan yang terjadi terus menerus menyebabkan guguran awan panas tidak teramati dengan jelas. Namun ketebalan abu vulkanik di pemukiman warga berkisar 0.5 sampai 2 mm.

Baca Juga:  Presiden Jokowi: Warga Tak Usah Melayat, Cukup Doakan Saja

“Guguran awan panas menyebabkan 2 Kecamatan diselumi abu vulkanik,” ungkap Armen.

Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanael Parangin-angin mengatakan, membenarkan ada dua Kecamatan di Kabupaten karo yang terdampak abu vulkanik, yakni Kecamatan Naman Teran dan kecamatan Simpang Empat.

“Laporan diterima BPBD, ada dua kecamatan yang diselimuti abu vulkanik,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Cancer, Leo dan Virgo: Jangan Menyerah Atas Mimpimu Meskipun Itu Terlihat Sulit Untuk Digapai

Dia menghimbau masyarakat agar memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik dan pengamanan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

“Kita imbau masyarakat tetap memakai masker dampak dari abu vulkanik,” ucap Natanael. (Ptr)