Hari Guru Nasional, Ini Janji Manis Disdik Kota Bandung Tingkatkan Kualitas Pendidikan

JABARNEWS | BANDUNG – Pemkot Bandung melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung berharap kualitas dan kualifikasi guru semakin meningkat.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum Disdik Kota Bandung, Bambang Ariyanto, peringatan Hari Guru Nasional dilakukan sejak tahun 2014. Diputuskan dengan Kepres No. 78.

“Untuk mendorong harapan itu, kami akan terus mendorong bagaimana kompetensi dan kualifikasi guru di Kota Bandung semakin meningkat. Kualitas pendidikannya semakin meningkat dan akhirnya kualitas dan pelayanan di kelas pun semakin meningkat, sehingga endingnya siswa semakin baik,” jelas Bambang, pada Bandung menjawab, Kamis (22/11/2018).

Baca Juga:  Jokowi Bahas Wapres Bersama Airlangga

Lanjut Bambang, ada beberapa upaya yang dilakukan agar guru di Kota Bandung mampu meningkatkan kualifikasi dan mampu meningkatkan empat kompetensi yang harus mereka miliki.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak 8 Juli 2022: Cancer, Leo dan Virgo

“Empat kompetensi itu yakni kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian,” ujar Bambang.

Ia pun memajarkan empat kompetensi itu. Untuk kompetensi profesional yakni bagaimana para guru menguasai mata pelajaran atau ilmu-ilmu pengetahuan yang diajarkan.

Kompetensi pedagogik yakni bagaimana mampu menguasai metode, strategi, dan teknik mengajar di kelas. Kompetensi sosial yakni mampu melakukan literasi sosial, berinteraksi dengan masyarakat sekitar agar mereka (para guru, Red.) mengembangkan kualifikasinya ketika ada di sekolah.

Baca Juga:  Media Center Peliputan PON XX Papua 2021 Resmi Dibuka

Dan kompetensi kepribadian yakni agar mereka mengembangkan diri agar tumbuh dan tampil sebagai pribadi-pribadi yang memberi teladan bagi anak-anak didiknya. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat