HUT ke 76, PMI Cirebon Siapkan 9.200 Vaksin dengan Sistem Drive Thru 

JABARNEWS I CIREBON – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon, akan mengadakan kegiatan vaksinasi massal dalam rangka HUT ke 76 PMI, dengan sistem drive thru. 

Kegiatan yang akan dilaksanakan di Sarana Olahraga (SOR) Watubelah ini, rencananya akan dilaksanakan pada Selasa ,14 September 2021 kedepan.

Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Sri Heviyana mengatakan, bahwa kegiatan ini akan menyediakan sebanyak 9.200 vaksin, yang didapatkan dari sejumlah stakeholder. 

Baca Juga:  Top 15 Indonesian Idol XII Siap Melaju Di Babak Road To Spektakuler Show

“Tujuannya, untuk membantu pemerintah dalam menciptakan herd immunity,” katanya. Sabtu (11/09/2021)

Ia menjelaskan, semua warga yang akan mengikuti kegiatan ini, harus menggunakan kendaraan roda empat. Dimana nantinya, satu kendaraan hanya bisa diisi oleh tiga orang. 

“Pemeriksaan, skrining dan vaksinasi, semuanya dilakukan di dalam kendaraan,” katanya.

Baca Juga:  Antisipasi Luapan Air, Pemkot Bandung Segera Normalisasi Sungai Cipedes

Ia juga mengungkapkan, alasan vaksinasi ini dilaksanakan dengan drive thru, yaitu untuk menghindari adanya kerumunan. Untuk pendaftaran vaksinasi ini, dilakukan di lokasi kegiatan. 

“Mengantisipasi terjadinya kerumunan massa, jadi  tidak ada pendaftaran offline, pendaftaran melalui online semua,” katanya.

Sementara itu dijelaskan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni, menyambut baik rencana pelaksanaan vaksinasi drive thru ini. 

Baca Juga:  Kenali Ini! Berikut Penyakit Yang Biasa Menyerang Lidah

“Saya sangat setuju sekali, vaksinasi dilaksanakan secara drive thru, untuk bisa mempercepat herd immunity, membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, “katanya.

Karena menurutnya, saat ini capaian vaksinasi di Kabupaten Cirebon, baru mencapai sekitar 26 persen. Dari target 1,7 juta warga yang divaksin, baru sekitar 470 ribuan. 

“Salah satunya, yaitu karena ketersediaan vaksinnya,” katanya. (Arn)