Ingat! Bulan Depan Tak Ada Lagi Sistem Kelas di BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan menerapkan aturan baru. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG  РBPJS Kesehatan rencananya akan memberlakukan aturan baru. Sistem kelas yang selama ini diterapkan, akan diganti dengan prinsip gotong royong. Kabarnya, prinsip gotong royong ini akan berlaku pada bulan Juli 2022 mendatang.

Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), Asih Eka Putri mengatakan, kedepan tak akan ada lagi kelas 1,2 dan 3 dalam BPJS Kesehatan. Semua fasilitas rawat inap akan diterapkan sama bagi semua peserta.

Baca Juga:  PPDB Tahap Dua Untuk SMA dan SMK di Purwakarta Resmi Dibuka, Berikut Kuotanya

Sementara soal iuran, kata Asih, akan disesuaikan dengan besaran gaji. Dengan menerapkan prinsip ini, menurutnya, peserta BPJS Kesehatan yang berpenghasilan tinggi akan membayar iuran lebih besar dibanding yang penghasilannya rendah.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 1 Juli 2022, Pemilik Rasi Bintang Gemini dan Taurus

“Iuran disesuaikan dengan memperhatikan keadilan dan prinsip asuransi sosial sesuai dengan besar penghasilan. Inilah gotong royong sosial yang diinginkan oleh UU SJSN (Sistem Jaminan Sosial Nasional),” kata Asih, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Senin 5 Desember 2022, Sagittarius, Capricorn dan Aquarius

Meski besaran iuran BPJS Kesehatan akan berbeda antara mereka yang berpenghasilan tinggi dan rendah, namun fasilitas rawat inap yang didapatkan sama. Hal itu akan disesuaikan dengan kebutuhan medis.

“Manfaat sesuai dengan kebutuhan medis bagi semua peserta,” tuturnya.