Ini Bahaya Jika Kulit Kalian Sering Terpapar Sinar Matahari Langsung

JABARNEWS | BANDUNG – Berjemur dibawah terik sinar matahari merupakan salah satu kegiatan yang biasanya banyak dilakukan oleh sebagian orang terutama bangsa eropa, Hal tersebut mereka lakukan untuk membuat kulit agar terlihat kecoklatan.

Namun, dibalik itu semua ternyata ada banyak bahaya yang mengintai jika hal tersebut dilakukan dengan cara yang salah secara terus menerus salah satu penyebabnya yakni kerusakan pada kulit.

Oleh Sebab itu, dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa penyakit kulit yang disebabkan oleh sinar matahari langsung. Diantaranya yakni:

Baca Juga:  Sinopsis Preman Pensiun 7 Malan Ini, Bang Edi Siap Perang Lagi

Pertama. Sunburnt – Sunburnt atau luka bakar akibat terekspos radiasi UV dari sinar matahari merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi jika Anda terpapar sinar matahari terlalu lama. Umumnya, keluhan yang timbul adalah kemerahan pada kulit yang terkadang dapat disertai kulit yang gatal dan mengelupas.

Pada kondisi yang berat, juga dapat terjadi luka pada kulit akibat sunburn. Oleh sebab itu, Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan sun protection factor (SPF) setidaknya 30, dan digunakan minimal 20 menit sebelum melakukan aktivitas di bawah sinar matahari.

Baca Juga:  9 Wartawan Senior Akan Terima Penghargaan Press Card Number One Pada HPN 2021

Kedua. Age spots – Age spots diduga terjadi akibat paparan sinar matahari yang berlebih. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bintik gelap kecoklatan, abu-abu, atau hitam pada bagian tubuh tertentu seperti wajah, lengan, tangan, serta beberapa bagian tubuh lainnya yang sering terekspos sinar matahari.

Seiring dengan bertambahnya usia, kemampuan alami kulit untuk menghalau radiasi UV dari matahari semakin melemah, sehingga kemungkinan age spots untuk timbul pun semakin tinggi apalagi sering terpapar oleh sinar matahari langsung.

Baca Juga:  Tinggalkan Persib Bandung, Ghozali Siregar Ikuti Jejak Omid Nazari

Ketiga. Kanker kulit – Kanker kulit juga merupakan salah satu kondisi yang juga dapat timbul akibat paparan sinar matahari terhadap kulit yang tidak terlindungi dengan baik dalam jangka waktu lama. Ada beberapa jenis kanker kulit yang bisa terjadi. Tiga jenis yang tersering adalah melanoma, karsinoma sel basal, dan karsinoma sel skuamosa.

Umumnya, kondisi tersebut dapat ditandai dengan adanya tahi lalat pada kulit yang mengalami perubahan warna, elevasi, bentuk, ukuran, dan lain-lain. Selain itu, adanya tahi lalat yang berdarah juga perlu diwaspadai. (Red)