Ini Kendala Belum Cairnya Dana Desa Tahap 2

JABARNEWS | CIAMIS – Usulan pencairan Dana Desa tahap kedua di Kabupaten Ciamis baru diajukan oleh 12 desa. Padahal, idealnya dana desa tahap 2 ini harus sudah disalurkan bulan Mei dan Juni 2018.

Di Kabupaten Ciamis sendiri terdapat sebanyak 258 desa di 27 kecamatan.

“Mungkin kendalanya sebagian desa belum menyelesaikan proses pembangunan dari Dana Desa tahap 1, sehingga belum juga menyerahkan usulan pencairan Dana Desa tahap 2, atau mungkin masih ada berkas yang belum selesai atau lengkap,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab Ciamis, H Lily Romli, dikutip laman Kabar Priangan, Jumat (25/5/2018).

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini 9 Oktober 2022, Ada Sesuatu Yang Membuatmu Cemas Capricorn

Lily mengungkapkan, DPMD akan melakukan monitoring dan evaluasi ke setiap kecamatan dan desa untuk melihat proses penggunaan dana desa tahap 1. Selain itu, pihaknya akan membantu agar desa segera menyelesaikan pembangunan dan menyerahkan SPJ, agar Dana Desa tahap 2 bisa segera disalurkan.

Baca Juga:  Satgas Covid-19 Keluarkan Aturan Baru, Kegiatan Berskala Besar Wajib Booster

“Kita harap semua desa bisa segera mengajukan usulan, sehingga bisa langsung kita proses,” jelas Lily.

Diketahui, Dana Desa tahap kedua ini adalah 40 persen dari total Dana Desa tahun 2018, nanti 40 persen lagi disalurkan di tahap ketiga.

Baca Juga:  Penyakit Jantung Bisa Menyerang Usia Muda, Ini Kebiasaan Buruk Penyebabnya

Sementara itu, untuk bantuan Dana Desa tahap 1 tahun 2018, sebanyak 258 desa telah menerima transferan sebesar 20 persen dari total Dana Desa. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat