Ini Manfaat Daun Kumis Kucing, Diantaranya Obat Asam Urat

JABARNEWS | BANDUNG – Daun kumis kucing bermanfaat sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan sejumlah penyakit. Kumis kucing, tanaman yang memiliki mahkota bunga bertumpuk dengan benang sari yang panjang. Biasanya, benang sari kumis kucing berwarna putih bak kumis seekor kucing.

Kumis kucing merupakan tanaman liar yang biasa tumbuh di sepanjang anak sungai atau selokan. Namun, tidak sedikit masyarakat yang sengaja menanam kumis kucing di halaman rumahnya.

Baca Juga:  Kapan Sebaiknya Anak Laki-laki Dikhitan?

Selain itu Daun kumis kucing juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan diantaranya:

1. Obat asam urat – Sudah bukan rahasia bila kumis kucing kerap dijadikan obat herbal asam urat. Kumis kucing mengandung senyawa yang mampu mengendalikan kerja enzim xantin oksidase.

Sekedar info, enzim xantin oksidase merupakan enzim yang berperan dalam produksi asam urat. Hal inilah yang membuat kumis kucing bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Baca Juga:  Mobil Barbuk Kasus First Travel Bebas Seliweran

2. Cegah Darah Tinggi – Daun kumis kucing dipercaya dapat mencegah darah tinggi. Sebab daun itu memiliki kandungan Methylripariochromene A (MRC) yang berfungsi membantu merelaksasi otot dan memperbesar pembuluh darah.

Methylripariochromene A diyakini bermanfaat dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Kumis kucing juga mengandung kalium yang tinggi. Kalium membantu mengurangi efek sodium.

Baca Juga:  Ingin Memajukan Sepak Bola Indonesia, Legenda Persib Robby Darwis Bentuk SSB

3. Obat Ginjal – Manfaat kumis kucing berikutnya yakni menyembuhkan penyakit ginjal. Ramuan daun kumis kucing dapat mengobati berbagai infeksi seperti infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, sering buang air kecil, dan batu kandung kemih. (Red)