Ini Robot Pesepakbola Karya Mahasiswa ITB

JABARNEWS | BANDUNG – Tiga mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam Tim Hooge School, yaitu Baldar, Daritem, dan Albasari membuat kreasi di bidang robotik. Mereka membuat tiga Ini Robot Pesepakbola Kreasi Mahasiswa ITB yang didesain memiliki kemampuan bermain sepak bola.

Ketua Tim Hooge School, Ahmad Habbie Thias, menuturkan, robot humanoid adalah robot dengan fisik layaknya manusia.

“Dalam KRI untuk kategori Konter Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, ketiga robot tersebut ditantang untuk mampu memainkan bola, menendang bola ke gawang lawan, dan memiliki kemampuan image processing. Robot harus bisa membedakan lawan, posisis bola, gawang, dan harus bisa memainkan strategi tertentu untuk memenangkan permainan sepak bola,” kata Ahmad, Sabtu (19/5/2018).

Baca Juga:  Kembali Gabung Persib, Achmad Jufriyanto Mengaku Tak Perlu Adaptasi

Dikatakannya, pada KRI 2018 ada peraturan yang mengaharuskan posisi robot di lapangan harus sudah auto positioning. Dengan posisi itu, lanjutnya, robot harus bisa menempatkan dirinya saat masuk ke arena lapangan.

Baca Juga:  Beckham Berharap Persib Bisa kembali ke Jalur Kemenangan

“Kami juga harus memahami program robot yang sudah ada. Sebab, robot tim memakai robot tahun sebelumnya yang kemudian dikembangkan di 2018,” ujarnya.

“Secara fisik robot ini memang sudah agak tua. Sehingga mekanik dan sistemnya juga harus menyesuaikan dengan kemampuan rangka robot. Selain itu, robot yang kita miliki hanya 3, sedangkan tim lain memiliki 5 robot sehingga minim robot cadangan,” tambahnya.

Baca Juga:  Rabbani Apresiasi Aksi Damai 212, Berikan Diskon 50% Untuk Para Mujahid

Robot humanoid diikutsertakan dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat regional 2 yang diadakan di Universitas Tarumanegara, Jakarta, pada 10-12 Mei lalu. Dalam event itu, kreasi tiga mahasiswa ITB ini berhasil meraih Juara 3. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat