Inilah 5 Aplikasi Yang Paling Cocok Buat Bisnis Laundry

Ilustrasi Bisnis Laundry (Foto: Freepik.com)
Ilustrasi Bisnis Laundry (Foto: Freepik.com)

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bisnis laundry kiloan kini menjadi bisnis rumahan yang dapat menghasilkan pendapatan yang lumayan besar. Sehingga kini banyak laundry kiloan yang muncul disekitar lingkungan kita, karena untuk membuka usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar.

Meski terlihat sepele karena mengerjakan jasa mencuci tetapi jika kamu memiliki pelanggan yang banyak tentu kamu akan terbebani dengan urusan manajemen bisnis. Karena tentunya kamu telah disibukkan dengan pekerjaan mencuci dan menggosok.

Perkembangan usaha laundry ditentukan oleh kestabilan dan manajemen atau pengelolaannya. Tapi sekarang telah banyak aplikasi yang dapat mengatur bisnis laundry kamu menjadi lebih mudah dan rapih, sehingga dapat membantu manajemen pengelolaan laundry.

Aplikasi bisnis laundry yang fleksibel dapat digunakan kapanpun dan dimanapun hanya dengan menggunakan handphone. Dilansir dari berbagai sumber, berikut aplikasi yang dapat membantu bisnis laundry kamu, diantaranya:

Aplikasi Untuk Bisnis Laudry Terbaik

Dengan menggunakan aplikasi bisnis laundry maka kamu sudah bisa meningkatkan efektivitas dalam mengelola laundry. Mulai dari laporan keuangan, seperti laba, pembuatan nota, pencatatan data pelanggan dan masih banyak lagi tergantung dari aplikasi yang digunakan.

Aplikai bisnis laundry memiliki fitur yang berbeda satu sama lain. Jadi, pilih aplikasi yang memungkinkan fitur-fiturnya membantu kamu dalam mengelola bisnis laundry. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat digunakan untuk laundry:

1. Kasir Laundry

Kasir Laundry adalah aplikasi laundry teratas di Google Playstore dan salah satu aplikasi manajemen laundry yang sangat memudahkan bisnis laundry. Mulailah dengan mencatat melalui WhatsApp, meringkas data pesanan pelanggan, laporan laba dan pengeluaran, serta menganalisis aktivitas pembayar.

Fitur yang ditawarkannya cukup lengkap seperti online backup yang dapat menyimpan data kamu meskipun aplikasi terhapus, regular support, dan yang terpenting mudah digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun.

Untuk memudahkan pengelolaan bisnis laundry dan ingin mencoba aplikasi gratis ini, silahkan download di : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.aplikasilaundryandroid.kasir&pli=1

2. Saku Laundry

Aplikasi bisnis laundry yang satu ini tidak hanya menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, aplikasi Saku Laundry juga merupakan satu-satunya aplikasi kasir laundry berbasis android yang dapat terintegrasi dengan mesin, mengendalikan, mengontrol operation, hingga menghidupkan dan mematikan mesin, semuanya dapat dijalankan dengan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Saku Laundry.

Baca Juga:  Kostrad Peduli, Resimen Armed 1/1 Sebar Ribuan Nasi Kotak

Yang menarik, aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai jenis mesin cuci dan mesin pengering, baik mesin analog maupun digital. Semua jenis dan merk mesin apapun dapat terintegrasi melalui aplikasi Saku Laundry untuk menjalankan mesinnya.

Saku laundry dijalankan dengan kecanggihan teknologi yang disebut Hi-Tech IOT dan POS System, teknologi inilah yang dapat membantu pemilik bisnis laundry untuk mengoperasionalkan usaha laundry-nya. Dengan demikian, dapat memberikan keamanan terhadap potensi kecurangan yang dilakukan oleh karyawan laundry.

Selain fitur Hi-Tech IOT dan POS System, aplikasi Saku Laundry ini juga dilengkapi fitur Cashless Payment Provider, fitur ini akan memudahkan bagi customer yang tidak membawa uang cash. Semua transaksi secara virtual maupun debit dapat dilakukan dengan melakukan pembayaran secara cashless.

Lalu ada juga fitur pemantauan laporan/performa secara real-time, nota digital, program promo pelanggan, kemampuan mengontrol lebih dari satu outlet, dan masih banyak lagi fitur canggih lainnya.

Aplikasi Saku Laundry ini ‘user friendly’, sehingga semua fitur dapat dijalankan dengan mudah oleh pengguna.

3. Majoo Indonesia

Aplikasi kasir yang di keluarkan oleh majoo Indonesia merupakan aplikasi kasir yang memiliki banyak manfaat. Aplikasi ini bukan saja dapat digunakan untuk bisnis laundry, tetapi bisa digunakan untuk bisnis kuliner, restoran, café, dan toko online.

Meski sekarang ini aplikasi untuk membantu bisnis sangat banyak sehingga harga aplikasi kasir sangat bersaing. Terkadang dengan harga yang lebih mahal sedikit tetapi memiliki banyak fitur yang lengkap maka dapat tergolong murah.

Dibandingkan dengan aplikasi yang murah tetapi sangat terbatas fiturnya, sehingga jika ada kebutuhan maka kamu harus menggunakan aplikasi tambahan. Nah, jika menggunakan aplikasi kasir seperti majoo maka semuanya telah terintegrasi, berikut beberapa manfaat aplikasi kasir untuk bisnis laundry:

# Mempermudah operasional

Aplikasi kasir akan mengurangi beban kamu dengan mencatat proses cucian termasuk tanggal diterima, tanggal selesai, tanggal diambil dan status cucian.

Baca Juga:  Berkomitmen Dukung Pengembangan Ekonomi Kreatif, BI Gelar Java Coffe Culture 2022

Dengan sistem terintegrasi, ketika pelanggan mengirimkan barangnya, maka kamu dapat masuk ke sistem, dan sistem akan membantu memantau prosesnya. Bahkan, sistem ini dapat mengirimkan email notifikasi kepada pelanggan ketika pesanan mereka diproses.

Fitur ini sendiri menghilangkan banyak proses manual, sehingga kamu tidak perlu lagi membuat beberapa dokumen terpisah untuk setiap record. Setelah pesanan ini masuk ke sistem, kamu dapat menghubunginya secara langsung. Sehingga kamu dapat dengan mudah mengikuti proses.

# System loyalty integrity

Aplikasi kasir ini juga menyediakan fitur retensi grup dan pelanggan di semua toko kamu. Setelah pelanggan terdaftar di sistem aplikasi bisnis ini, pelanggan akan terdaftar sebagai anggota, dan jika kamu memiliki program reward atau loyalitas pelanggan, maka kamu dapat menambahkannya ke system.

# Memudahkan promosi

Manfaat selanjutnya memudahkan kamu dalam mempromosikan bisnis laundry kamu. Hal tersebut berdasarkan data pelanggan yang disimpan dalam database. Kamu dengan mudah mendistribusikan iklan atau promosi kepada pelanggan melalui email atau SMS. Mudah, murah, pelanggan juga akan senang dengan promosi yang kamu berikan.

# Menunjang wirausaha

Aplikasi kasir ini memiliki banyak fitur lain yang dapat kamu gunakan. Kamu bisa mengawasi karyawan dengan fitur absensi yang terintegrasi. Kamu tidak perlu mesin absen terpisah, baik itu manual atau otomatis.

Ada juga fitur mengatur jadwal penjualan untuk karyawan, yang akan dihitung secara otomatis oleh aplikasi ini. Proses pelaporan penjualan dan penyusunan laporan keuangan menjadi sederhana dan ringkas.

Dengan menggunakan aplikasi kasir ini maka kerja karyawan kamu terhadap manajemen bisnis akan berkurang. Karena semua pencatatan akan masuk ke dalam data base, dan disusun dengan rapih setiap pengeluaran dan pemasukan.

4. Londree POS

Aplikasi selanjutnya yang direkomendasikan untuk bisnis kasir adalah Londree POS. Aplikasi ini diluncurkan oleh perusahaan laundry pertama yaitu Londonreepos. IT Indonesia atau pendiri aplikasi londreepos memberikan layanan dan solusi bagi para pengusaha laundry agar lebih mudah dalam menjalankan bisnis laundrynya.

Selain itu, kamu tidak perlu menggunakan smartphone kelas atas karena aplikasi ini cukup ringan untuk digunakan bahkan dengan ponsel berukuran sedang. Londreepos menawarkan layanan kasir yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan operasional kasir.

Baca Juga:  Layanan SIM Keliling Polrestabes Bandung Hari Ini

Dengan fitur ini, kamu tidak perlu khawatir untuk mengumpulkan data dan laporan. Konfirmasi aplikasi Londreepos dapat diperoleh dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Dengan berlangganan, kamu tidak hanya mendapatkan lisensi, tetapi juga pembaruan aplikasi dan dukungan penuh.

5. Aplikasi SmartLink

Smartlink adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu bisnis mengelola cucian mereka. Layanan yang ditawarkan bersifat komprehensif, seperti manajemen kasir, pemasok, produksi dan banyak lainnya, tentunya digabungkan dalam satu sistem.

Aplikasi smartlink dikembangkan oleh Citridia IT Solution di Malang. Kamu tidak perlu khawatir tentang pemantauan uang karena SmartLink telah menyediakan fitur yang diharapkan dapat memudahkan penggunanya.

Selain itu, pembuatan catatan dapat dilakukan secara otomatis. Hal baiknya adalah kamu tidak perlu membuka setiap pelanggan satu per satu untuk mengirim catatan karena surat dikirim secara otomatis.

Meskipun tidak menggunakan data internet, kamu tetap dapat menggunakan aplikasi, seperti menerima pesanan yang masuk dan menyimpannya. Aplikasi smartlink ini menawarkan berbagai opsi binatu dan memiliki dukungan jika ada masalah.

6. Nyuci

Aplikasi kasir untuk bisnis laundry selanjutnya yang direkomendasikan adalah Aplikasi Nyuci Aplikasi ini merupakan aplikasi online yang dapat membantu bisnis laundry kamu menjadi lebih efisien dan profesional.

Dengan tampilan yang sederhana, maka siapa pun bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah. Aplikasi bisnis laundry ini akan membantu kamu mengelola bisnis laundry harian, menyimpan data pelanggan, mengirim catatan melalui whatsapp atau email, mencetak catatan laundry, melihat laporan pengeluaran dan keuntungan, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan Aplikasi Nyuci sebagai teknologi yang membantu usaha laundry, maka para pengusaha laundry tidak lagi kesulitan menjalankan bisnis laundry. Silakan gunakan alat deposit jembatan ini jika sesuai dengan kebutuhan.

Itulah beberapa aplikasi laundry dan aplikasi kasir yang cocok untuk bisnis laundry, sehingga kamu tidak pusing lagi menyusun laporan keuangan, mengawasi karyawan, stok barang dll. Selamat mencoba! ***