Inilah Deretan Menteri Kabinet Jokowi yang Terjerat Kasus Korupsi

Para menteri era Presiden Jokowi yang terjerat kasus korupsi
Para menteri era Presiden Jokowi yang terjerat kasus korupsi. (foto: istimewa)

Juliari disebut menerima suap terkait penyaluran bansos kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Kasus ini mencuat pada Desember 2020 dan menarik perhatian publik. Pada tahun 2021, Juliari dijatuhi tuntutan hukuman penjara selama 12 tahun oleh jaksa penuntut umum.

4. Idrus Marham

Idrus Marham menjabat sebagai Menteri Sosial sejak Oktober 2019, namun terjerat dalam kasus korupsi di Kementerian Sosial. Pada Desember 2020, dia ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh KPK terkait kasus korupsi bansos di Kementerian Sosial RI dalam penanganan pandemi Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek 2020.

Baca Juga:  Peliputan Covid-19, PWI Jabar: Wartawan Jaga Kesehatan dan Keselamatan

5. Johnny G. Plate

Johnny G. Plate menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika dari tahun 2019 hingga 2024, tetapi terjerat dalam kasus korupsi yang berkaitan dengan penyediaan menara Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung Bakti Kementerian Kominfo tahun 2020-2022. Pada Mei 2023, dia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Baca Juga:  Ustadz Maaher Meninggal Dunia, Nikita Mirzani: Semoga di Lapangkan Kuburnya

Kasus-kasus korupsi di era kepemimpinan Jokowi menjadi pelajaran berharga bagi seluruh pemimpin dan aparatur negara untuk selalu berkomitmen dalam melaksanakan tugas dengan jujur, tulus, dan bertanggung jawab. Dengan begitu, Indonesia dapat maju sebagai negara yang berdaulat, bermartabat, dan sejahtera bagi seluruh rakyatnya. (red)

Baca Juga:  Soal Pemeriksaan Mentan Syahrul oleh KPK Terkait Kasus Dugaan Korupsi, Ini Kata Presiden Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News