Jangan Biasakan Menyimpan Ponsel Di Saku Celana, Ini Dampaknya

JABARNEWS | BANDUNG – Anda tentunya sudah terbiasa membawa ponsel kemanapun Anda pergi bukan? Terkadang benda tersebut disimpan di tempat yang dekat dengan jangkauan untuk menghindari hal-hal buruk.

Meskipun nyaman, menyimpan ponsel di saku ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah masalah punggung hingga peningkatan risiko radiasi bisa terjadi.

“Ketika ponsel aktif, terhubung ke jaringan nirkabel, dan ditempatkan di saku, radiasi dua hingga tujuh kali lebih tinggi daripada jika ditempatkan di dompet atau sarung,” kata Dr Lily Friedman dari Comprehensive Wellness Institute di South Florida, Amerika Serikat.

Baca Juga:  Berikut Beberapa Nama Aktor Pemeran Film Dredd

Menurut Friedman, ada keterkaitan antara radiasi ponsel dan pertumbuhan tumor. Selain itu, radiasi juga mampu mengubah struktur DNA, memengaruhi kesuburan pria, dan terkait dengan depresi, serta penyimpangan jantung.

Ia pun mengungkapkan bahwa menempatkan handphone di saku celana, maka radiasi dapat melemahkan tulang panggul dan menurunkan kepadatan tulang.

Friedman memperingatkan, menyimpan ponsel di saku belakang juga bisa menyebabkan masalah punggung. Ketika kita menyesuaikan posisi duduk untuk menghindari tekanan pada ponsel, hal tersebut bisa menyebabkan ketidakseimbangan struktural dan otot. Kebiasaan itu bisa menyebabkan nyeri punggung yang parah.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Keuangan 4 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Sagitarius dan Capricorn

Tak hanya merusak, kebiasaan menyimpan ponsel dalam kantong juga bisa merusak ponsel itu sendiri. Salah satunya adalah layar.

“Yang lebih buruk adalah ketika jatuh dan mendarat di genangan air, ponsel tidak hanya hancur tetapi juga mati,” ujar seorang reseller Apple iPower Resale, Emily Shapiro.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak 28 Desember 2021: Taurus, Gemini dan Cancer

Demikianlah tadi sedikit ulasan mengenai bahayanya menyimpan ponsel di saku yang mungkin tidak Anda sadari selama ini. Jadi, lebih baik mencegah biaya ekstra untuk pergi ke dokter hanya gara-gara kebiasaan menyimpan ponsel Anda. Selain itu, benda tersebut lebih baik berhenti digunakan sebelum tidur. Semoga informasi di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Business Insider

Jabarnews | Berita Jawa Barat