Jangan Dikorek Sembarangan, Begini Cara Aman Bersihkan Kotoran Telinga

Membersihkan kotoran telinga dengan cara aman-
Membersihkan kotoran telinga dengan cara aman. (foto: istimewa)

Lalu bagaimana cara aman membersihkan kotoran telinga? langkah berikut dianggap cara aman membersihkan kotoran telinga. Selain tidak meninggalkan rasa sakit, cara ini juga dianggap efektif mengeluarkan kotoran telinga secara maksimal.

  1. Usap pakai kain lembut

Mengutip Medical News Today, kotoran telinga dapat dibersihkan memakai kain waslap lembut yang sudah direndam menggunakan air hangat.

Anda dapat mengeluarkan kotoran telinga setelah mandi, sebab kotoran ini dapat keluar dengan sendirinya sehingga mudah terlihat dari ujung lubang kuping.

Baca Juga:  Mantan Pentolan FPI Munarman Ditangkap Densus 88

Setelah kotoran telinga berhasil dikeluarkan, jangan lupa membersihkan area daun telinga di sekitarnya.

  1. Pakai obat tetes telinga

Apabila kotoran telinga Anda sudah mengeras sebaiknya dibersihkan menggunakan obat tetes khusus. Obat tetes telinga berfungsi melunakkan kotoran yang keras supaya lebih mudah keluar untuk dibersihkan.

Baca Juga:  Inilah Rahasianya Agar Tidak Sakit Saat Membawa Tas Besar

Anda dapat membeli obat tetes telinga yang dijual bebas di apotel tanpa perlu resep dokter. Kemudian ikuti petunjuk pemakaian sesuai saran di kemasan.

  1. Perawatan ke dokter THT

Merujuk WebMD, jika merasa ragu untuk mengeluarkan kotoran telinga sendiri, tidak ada salahnya Anda melakukan perawatan ke dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan).

Umumnya dokter THT akan menggunakan berbagai metode yang menyesuaikan kondisi kotoran. Ada metode irigasi telinga yang memakai larutan saline lalu disemprot ke telinga.

Baca Juga:  Dandim Subang Suapi Kapolres Kue Ultah Bhayangkara

Atau metode microsuction yang menggunakan alat khusus untuk menyedot kotoran telinga supaya keluar.

Biaya membersihkan telinga ke dokter THT relatif terjangkau. Mulai dari Rp50 ribu hingga ratusan ribu, tergantung fasilitas kesehatan yang dipilih dan kondisi telinganya. (red)