Jarang Disadari, Berikut Tanda-tanda Jantung Bermasalah

Ini penyebab jantung sering berdebar tanpa alasan.
Ini penyebab jantung sering berdebar tanpa alasan. (foto: istimewa)

Kaki Bengkak

Pembengkakan kaki adalah hal yang serius, terutama jika pergelangan kaki mengalami pembesaran yang signifikan. Ini bisa menjadi tanda gagal jantung atau masalah kesehatan lainnya.

Pembengkakan ini juga bisa disebabkan oleh obat tekanan darah. Meskipun bukan selalu merupakan tanda penyakit jantung, kondisi ini tetap perlu diperiksa oleh dokter.

Baca Juga:  Dari Depok ke Banyuwangi, Kakek 62 Tahun Ini Mudik Menggunakan Sepeda

Detak Jantung Tidak Teratur

Detak jantung yang tidak teratur atau berdebar-debar mungkin tidak selalu berbahaya, dan sering kali bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika detak jantung terjadi sangat cepat dan tidak teratur, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga:  Imam Masjid Al Azhar Pimpin Salat Tarawih di Ponpes Al Muhajirin

Jika Anda mengalami beberapa tanda-tanda masalah jantung ini, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan diagnosis dan perawatan yang sesuai.

Tanda-tanda masalah jantung ini mungkin akan lebih sering muncul ketika usia Anda di atas 60 tahun, terutama jika Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung, seperti kelebihan berat badan, diabetes, kolesterol tinggi, atau tekanan darah tinggi.

Baca Juga:  Berbahaya Bagi Kesehatan, Ini Lima Penyakit Akibat Merokok

Semakin banyak faktor risiko yang Anda miliki, semakin penting untuk selalu waspada terhadap tanda-tanda yang mungkin terkait dengan kesehatan jantung Anda. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News