Kapan Sebaiknya Anak Laki-laki Dikhitan?

Kapan anak laki dikhitan
Kapan sebaiknya anak laki-laki dikhitan? (foto: istimewa)

Kedua, alasan medis. Khitan dapat membantu mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang alat kelamin. Beberapa adat dan budaya juga menganjurkan anak laki-laki untuk di khitan sebelum mencapai usia remaja atau bahkan saat masih balita.

Namun, seringkali orang tua bingung dalam menentukan waktu yang tepat untuk melakukan khitan pada anak laki-laki. Pertanyaannya adalah, kapan usia yang tepat untuk melakukan khitan?

Baca Juga:  Inilah Tiga Starter Kit Liburan Tahun Baru yang mesti Dibawa Saat Pandemi Covid-19

Di Barat, terdapat perdebatan mengenai keperluan khitan secara medis dan manfaat kesehatannya. Meskipun ada kesepakatan di antara penyedia layanan kesehatan bahwa manfaat khitan lebih besar daripada risiko yang terkait dengan prosedur tersebut.

Baca Juga:  Ini Yang Harus Dilakukan Jika Terpapar Virus Cacar Monyet

Ada sebuah studi menarik yang dimuat dalam Iranian Red Crescent Medical Journal dengan judul “At What Age Range Should Children Be Circumcised?” Studi uji klinis ini dilakukan di rumah sakit yang berafiliasi dengan Erzincan University of Medical Sciences, Turki, pada tahun 2014.

Baca Juga:  Warga Jabar Asal Sulsel Dukung Demiz Di Pilgub Jabar

Anak-anak yang menjalani khitan dievaluasi dalam tiga kelompok usia, yaitu kurang dari satu tahun (kelompok 1), 1-7 tahun (kelompok 2), dan di atas 7 tahun (kelompok 3).