Katak Merah Di Gunung Ciremai

JABARNEWS | KUNINGAN – Setiap taman nasional di Indonesia memiliki kekhasan flora dan fauna yang menjadi daya tariknya. Contohnya seperti Katak Merah (Leptophryne cruentata) di Taman Nasional Gunung Ciremai.

Wisatawan yang tertarik untuk melihat satwa endemik Jawa Barat ini bisa langsung datang ke habitatnya di Curug Cisurian yang lokasinya berada dalam kawasan Bumi Perkemahan Ipukan, Taman Nasional Gunung Ciremai.

Baca Juga:  Jelang Libur Nataru, Polres Subang Perketat Dua Lokasi Ganjil Genap

Untuk menuju Curug Cisurian sangat mudah dikutip dari detik Sabtu, (2/6/2018), wisatawan cukup datang ke Bumi Perkemahan Ipukan, Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Dengan tiket masuk sebesar Rp.15.000, pengunjung bisa langsung mengeksplore keindahan yang ada di Blok Ipukan.

Curug Cisurian sendiri berada tak jauh di bawah lembah, pengunjung yang ingin kesana harus trekking terlebih dahulu sekitar 300 meter atau memakan waktu 10 menit dengan berjalan santai. Setibanya di Curug Cisurian kita akan disuguhkan oleh air terjun yang jatuh dari ketinggian sekitar 40 meter yang menyejukkan jiwa.

Baca Juga:  Aturan Ganjil Genap Kurangi 3.000 Kendaraan di Jalur Puncak Bogor

Curug Cisurian merupakan habitat Katak Merah, disini juga sudah ada plang informasi tersebut. Mengapa Katak Merah menjadi daya tarik wisata disini?

“Kehadiran katak ini menjadi petunjuk kejernihan air dan kualitas air di Taman Nasional Gunung Ciremai. Apabila keberadaannya berkurang menjadi pertanda terjadinya penurunan kualitas lingkungan,” tutur Ayu, kader konservasi yang menemani kami mengeksplore Blok Ipukan.

Baca Juga:  Tanaman Hias Kerap Jadi Incaran Pencuri Saat Pandemi, Ini Antisipasinya

Meski disebut katak merah, namun permukaan kulitnya berwarna hitam dengan bercak-bercak kuning kehijauan. Warna ini menjadi kamuflase untuk menyamarkan keberadaannya pada bebatuan berlumut di sekitar air terjun. (Yfi)

Jabarnews | Berita Jawa Barat