Kembalinya Kemeriahan Rangkaian Offline Parade Wisuda Juli ITB 2022

Foto Para Wisudawan. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Rangkaian Parade Wisuda Juli ITB 2022 merupakan serangkaian acara untuk mengapresiasi kelulusan para wisudawan yang akhirnya memperoleh gelar sarjana pada Juli 2022. Rangkaian ini berlangsung mulai dari 15 hingga 25 Juli 2022. Berbagai acara sinkron pun dilaksanakan untuk memeriahkan kelulusan para wisudawan, mulai dari Pre-Record Arak-Arakan, Wisnight, Wisuda Conference, TA Fair berbasis online dan offline, Wisday, dan Malam Apresiasi.

Prosesi arak-arakan IMMG ITB. (Foto: Istimewa)

Rangkaian pertama adalah Pre Record Arak-Arakan. Acara ini berlangsung dari tanggal 15-19 Juli 2022. Acara ini dilakukan oleh tiap Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di ITB. Arak-arakan merupakan sebuah budaya kultural yang selalu dilakukan turun-temurun oleh setiap himpunan jurusan setiap pelaksanaan wisuda, baik itu di bulan April, Juli, ataupun Oktober. Budaya arak-arakan dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi wisudawan yang telah berjuang menyelesaikan masa studinya di ITB selama kurang lebih empat tahun. Wisuda S1 merupakan momen yang sakral dan historis karena dilaksanakan sekali seumur hidup. Oleh karena itu, Arak-arakan pasti menjadi momen yang ditunggu para wisudawan. Selain itu, di acara inilah para HMJ berlomba-lomba untuk menampilkan budaya HMJ mereka. Dimulai dari budaya Push Up Terra sebagai budaya Hima TG, budaya Push Up unsur sebagai budaya Amisca ITB dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Sempat Digeruduk Mahasiwa, Ini Penjelasan Bulog Cianjur Soal Kenaikan Harga Beras

Keseruan acara ini tidak lepas dari kontribusi dari masing-masing Himpunan Mahasiswa Jurusan yang mempersiapkan konsepnya dengan matang. Acara ini dimulai pukul 08.00 WIB dengan persiapan matang dari masing-masing jurusan, seperti penggunaan properti dan lainnya. Setelah itu HMJ berkumpul di lapangan cinta, sebagai titik permulaan keberangkatan arak-arakan. Setelah semuanya siap, peserta wisuda bersama panitia tiap jurusannya berjalan mengitari ITB melalui rute ke arah timur ITB (pertigaan Kantin Bengkok). Kemudian belok ke kiri menuju Plaza Widya untuk mempersiapkan pelaksanaan Orasi, setelah itu, masing-masing jurusan melanjutkan arak-arakan ke ujung barat, dan kembali menuju lapangan basket untuk melakukan dokumentasi. Salah satu HMJ yang pelaksanaan arak-arakannya dilakukan secara meriah adalah Ikatan Mahasiswa Metalurgi ITB (IMMG ITB). Mereka memiliki tema ๐”๐ซ๐š๐ž๐ฎ๐ฌ : ๐“๐ก๐ž ๐„๐ฒ๐ž ๐จ๐Ÿ ๐‘๐š, yang merepresentasikan harapan dan doa bagi para wisudawan untuk tetap haus akan ilmu agar dapat berdaulat dan menegakan keadilan.

Baca Juga:  Dua Pelaku Penganiayaan Ade Armando Yang Diamankan Bukan Berstatus Mahasiswa
Acara Wisnight. (Foto: Istimewa)

Kemudian, rangkaian kedua adalah Wisnight. Wisnight merupakan kegiatan apresiasi Pre-Event pertama dalam acara Wisuda Juli pusat yang dilaksanakan secara luring. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2022 pada pukul 18.30 WIB (Open Gate) hingga pukul 21.00 WIB di Gedung CRCS ITB Lantai 3. Acara ini merupakan kegiatan bagi wisudawan untuk beramal, bersuka ria, sembari mengingat memori terindah selama berkuliah di ITB. Beberapa acara yang ditampilkan dalam wisnight antara lain video mapping, penampilan band himpunan, dan penampilan guest star.

Baca Juga:  Inilah Penyebab Kita Sering Buang Air Kecil di Musim Hujan, Kenapa Ya?

Acara Wisnight berjalan dengan lancar dan cukup meriah. Terdapat dua band himpunan yang memeriahkan acara ini yaitu โ€œMusangโ€ yang merupakan band dari himpunan mahasiswa Teknik Geologi dan โ€œBOPโ€ yang merupakan band dari himpunan mahasiswa Teknik Perminyakan. Kedua band ini membawakan sejumlah lagu yang membuat acara semakin meriah. Tentunya yang paling ditunggu adalah penampilan Guest Star yang bernama DMT. Saat penampilan Guest Star, para wisudawan dan panitia diminta maju ke depan mendekati panggung untuk ikut bernyanyi dan bersuka ria bersama. Para wisudawan dan panitia terlihat sangat gembira selama mengikuti acara ini.