Kader Posyandu Wangunsari Gandeng Ketua RW Ciptakan Lingkungan Bersih

JABARNEWS I CIANJUR – Guna menciptakan lingkungan bersih dan nyaman di masa PPKM Darurat serta disiplin protokol kesehatan, Kader Posyandu Desa Wangunsari, menggandeng Ketua RW untuk merenovasi bangunan pagar halaman kantor Posyandu Desa Wangunsari, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Ya, saat ini sedang membangun pagar halaman kantor posyandu semampu biaya hasil swadaya masyarakat kang,” kata Enih (56) warga setempat kepada JabarNews, Sabtu (10/7/2021).

Dia mengatakan, bahwa pembangunan pagar tersebut berkat inisiatif dirinya dan anggota. Mengingat, halaman posyandu banyak terganggu oleh kotoran ayam dan lainnya, jadi pada kotor dan tak terurus.

Baca Juga:  2 Atlet Taekwondo Purwakarta Siap Tanding Di Jepang

“Makanya saya berinisiatif untuk perbaikan sedikit renovasi pasang pagar,” ujar seorang kader Posyandu Desa Wangunsari ini.

Adapun biaya pembelian, masih ujar Enih, bahan material toko dengan menggunakan uang kas posyandu sumber dari keropak bulanan dan dari uang kebersihan (Opsih) mingguan bagi yang tidak hadir maka ngasih uang sebesar Rp10 ribu, serta dari pemberian bidan desa peduli selalu menyumbang Rp20 ribu dimana hadir jadwal penimbangan.

Baca Juga:  Wisata Situ Bagendit Garut, Cocok Untuk Menjadi Tempat Rekreasi Keluarga

“Kerjasama juga dengan Ketua RT/RW menentukan bahwa untuk bahan lokal seperti, pasir, batu dan bambu di bebankan kepada warga sekitar wilayah RW Kampung Karangsari,” terang Enih.

Terpisah, Ketua RW setempat Ujuh mengatakan, memberikan bantuan sesuai kemampuan, bisa bersinergi kades posnyandu.

“Ya, membantu sekitar Rp500 ribu dari hasil kas RW. Guna untuk pembiayayan beli bahan material diperlukan,” katanya.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Untuk Pemilik Rasi Bintang Capricorn, Aquarius dan Pisces

Ia menambahkan, adapun sementara pekerjaan saat ini, hanya dikerjakan oleh satu orang tukang tembok Abun (68) yang dibantu satu orang Yeyep (50) warga setempat serta satu orang kader posyandu hingga mengerjakan secara manual.

“Mengajak di masa PPKM Darurat ini mohon kerjasama kepada pihak pemerintah dan warga, untuk peduli akan fasilitas kesehatan milik bersama,” harap dan pungkasnya. (Mul)