Keramik Plered Makin Diminati, Disperindagkop Targetkan Regenerasi

JABARNEWS | PURWAKARTA – Karena minat berkunjung ke ke Unit Pelaksana Teknis Daerah Penelitan dan Pengembangan (UPTD Litbang) Keramik Plered di tahun 2018 ini meningkat cukup signifikan. Dinas Perindustrian, Perdagangan dan koperasi (Disperindagkop) berrencana mencetak regenerasi pengrajin keramik.

Upaya itu sengaja dilakukan agar makin memikat siapapun baik warga dari dalam ataupun luar Kabupaten Purwakarta untuk mengunjungi pusat keramik tersebut.

Baca Juga:  Kemarin, BMKG Laporkan Gempa Guncang Tiga Wilayah di Indonesia

“Kedepan kita akan memberikan pelatihan teknik pembuatan keramik kepada sanak saudara para pengrajin keramik itu sendiri, bahkan kita juga akan berkerjasama dengan perguruan tinggi sebagai narasumbernya, termasuk tadi mengundang pelajar dan mahasiswa untuk belajar terkait pembuatan keramik,” ucapnya, Kamis (22/11/2018).

Selain itu, diharapkan pihak UPTD terus berupaya meningkatkan kinerja mereka, baik dalam sisi promosi menarik perhatian pengunjung maupun dalam sisi produsen keramik itu sendiri.

Baca Juga:  Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini Sabtu 12 November 2022

“Ya ditingkatkan baik pelayanan maupun pemasaran dan promosi secara global, mudah-mudahan melalui forum ICSB bisa dikenal di 85 negara,” pungkasnya.

Seperti diketahui kunjungan pelajar lokal maupun luar Purwakarta terus meningkat ke UPTD Litbang Keramik Plered. Hal itu diapresiasi Disperindagkop.

“Bagus untuk menarik minat para pelajar sebagai generasi penerus untuk menjadi pengrajin keramik,” kata Kadiskoperindag, Entis Sutinsna, saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Baca Juga:  Satres Narkoba Polres Karawang Gagalkan Peredaran Sabu

Entis meyakini, meningkatnya minat jumlah pengunjung ditingkat pelajar tersebut secara otomatis akan menjadi sebuah motivasi bagi generasi muda yang ada di Purwakarta khususnya.

“Terciptanya regenerasi pengrajin keramik menjadi salah satu target utama kami,” ujarnya. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat